Canggih, Kamera Nikon Kini Bisa Jadi Webcam Namun, tidak semua jenis kamera Nikon bisa digunakan. (Foto: Endgadget)

MENGIKUTI jejak Canon, Fuji, dan Panasonic, Nikon kini telah resmi merilis Webcam Utility secara gratis. Perangkat ini nantinya memungkinkan pengguna untuk menggunakan kamera mirrorless ataupun DSLR terbaru Nikon sebagai webcam. Kamu jadi tidak kesulitan lagi untuk melakukan video konferensi ataupun live streaming.

Baca juga:

Cermati 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Kamera Mirrorless

Perangkat lunak yang dirilis Nikon tersebut tampaknya menjawab salah satu kebutuhan di masa pandemi COVID-19. Masyarakat melakukan sesuatu secara daring melalui aplikasi konferensi video.

Langkah ini sebelumnya sudah dilakukan produsen kamera lain, termasuk Canon, Fujifilm, dan Panasonic yang merilis aplikasi serupa untuk produk kamera masing-masing.

Canggih, Kamera Nikon Kini Bisa Jadi Webcam
Menggunakan kabel USB sebagai penghubungnya. (Foto: PetaPixel)

Mengutip laman PetaPixel, aplikasi Nikon Beta Webcam Utility (versi 0.9.0) ini juga memungkinkan kamu melakukan pertemuan secara daring tanpa menggunakan capture card secara terpisah.

Dengan aplikasi tersebut yang menggunakan DSLR dan mirrorless, tentu menghasilkan kualitas video lebih tinggi dibandingkan webcam bawaan.

Cara kerjanya, pengguna cukup menancapkan kamera menggunakan kabel USB ke perangkat komputer. Setelah itu, pilih Webcam Utility sebagai sumber video di aplikasi live streaming untuk menampilkan gambar dari kamera.

Baca juga:

Canon EOS R5, Kamera Mirrorless dengan Resolusi Hingga 8K

Sayangnya, tidak semua jenis kamera bisa digunakan sebagai webcam. Semua tipe mirroless mencakup aplikasi ini, termasuk Nikon Z5 terbaru.

Sedangkan untuk DSLR hanya Nikon D6, D850, D780, D500, D7500, dan D5600. Model DSLR entry level D3500 tidak masuk daftar kompatibilitas, serta kamera saku dari jajaran Coolpix.

Canggih, Kamera Nikon Kini Bisa Jadi Webcam
Fujifilm sebelumnya juga sudah merilis aplikasi webcam pada kameranya. (Foto: The Verge)

Saat menggunakan aplikasi Webcam Utility, Nikon mungkin akan memberikan beberapa peringatan kepada para pengguna. Seperti suhu kamera yang meningkat jika dipakai terlalu lama, menggunakan tinjauan meningkatkan pengurasan baterai, dan mengakhiri koneksi ke Webcam Utility.

Para pengguna tidak dapat menyesuaikan pengaturan kamera saat terhubung ke komputer. Sebelum menyesuaikan pengaturan, matikan kamera dan lepaskan kabel USB.

Sejauh ini, Webcam Utility hanya bisa dioperasikan di Windows 10. Pihak Nikon sendiri masih belum memberikan kabar apakah fitur ini juga bisa digunakan di platform Mac. Nikon juga bermitra dengan webcam pihak ketiga, Ecam Live, untuk memberikan pengguna percobaan gratis selama dua bulan. (and)

Baca juga:

Resmi Dirilis, Sony A7S Mark III Mampu Rekam Video Hingga 4K 120 FPS



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH