Fashion

Canggih! Jakarta Fashion Week Siap Hadirkan Metaverse Fesyen

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Selasa, 05 April 2022
Canggih! Jakarta Fashion Week Siap Hadirkan Metaverse Fesyen
Digitalisasi fesyen Indonesia (Sumber: Jakarta Fashion Week)

PANDEMI yang terjadi tiga tahun terakhir menyebabkan teknologi terakselerasi ke tahapan yang tidak kita bayangkan sebelumnya. Penetrasi digital di berbagai lini membawa warna baru bagi berbagai industri salah satunya industri fesyen.

Industri fesyen di tanah air pun turut menghadirkan inovasi berupa fashion show di metaverse Indonesia. Pekan mode tahunan, Jakarta Fashion Week (JFW) berkolaborasi dengan PT WIR Asia Tbk, perusahaan berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI) menggagas fashion show pertama yang tampil di metaverse Indonesia.

JFW
Fashion show pertama di metaverse Indonesia (Foto: Jakarta Fashion Week)

Wujud nyata dari kolaborasi tersebut dibuktikan dengan nota kesepahaman yang ditandatangani oleh CEO GCM Group sekaligus Chairwoman JFW Svida Alisjahbana dan Chief Marketing Officer PT WIR Asia Tbk Gupta Sitorus di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (5/4).

"Kami melihat zaman berubah. Metaverse yang tadinya diprediksi baru masuk lima tahun dari sekarang, karena pandemi segala-galanya menjadi lebih cepat," ujar Svida Alisjahbana yang akrab disapa Svida.

jfw
Akselerasi fesyen di metaverse Indonesia (Sumber: Jakarta Fashion Week)

"Metaverse fashion menjadi sesuatu yang coming up and faster than we expected," lanjut Svida.

Svida melihat kolaborasi tersebut akan mendorong transformasi industri fesyen ke dunia digital semakin jauh dan lebih baik. Melalui metaverse, pelaku industri fesyen di Indonesia dapat menjalin bisnis secara internasional dan bertemu dengan konsumen global.

"Ini membuat kami selalu terpacu untuk terus mengembangkan inovasi guna memberikan solusi teknologi bagi beragam sektor agar dapat menghadapi tantangan di era digital tanpa batas ini," ucap Gupta. Atas kolaborasi tersebut Gupta berharap dapat mendorong berbagai pihak untuk menapaki jalan yang sama.

"Kemajuan teknologi digital metaverse merupakan sebuah keniscayaan dan berpotensi memberikan dampak nyata terhadap ekonomi di Indonesia," ucap Gupta.

Adapun mengenai format fashion show di metaverse, Svida mengatakan hal tersebut masih dalam tahap pengembangan dan diskusi. “Intinya ini masih dalam pengembangan. Kita juga masih dalam diskusi bagaimana kita membuat metaverse JFW WIR 1.0, karena ini tentunya masih sangat basic,” imbuhnya.

“Metaverse fashion show ini akan menjadi bagian dari rangkaian JFW tahun ini. Ini mungkin tidak akan menjadi the whole show, tapi akan jadi satu elemen dalam sebuah rangkaian JFW nantinya,” tukas Gupta.

#Trend Fashion #Fashion Show #Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan