Candi Mantup, Dewa yang Mencitrakan Perkawinan

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 23 Maret 2016
Candi Mantup, Dewa yang Mencitrakan Perkawinan
Candi Mantup disimbolkan sebagai lambang dewa perkawinan (Foto: MP/Fredy Wansyah)

MerahPutih Budaya - Candi Mantup merupakan salah satu candi berukuran kecil. Meski berukuran tidak sebesar Candi Prambanan, candi ini menjadi tempat sakral dan penting bagi umat Hindu pada masa lalu ini.

Diperkirakan, Candi Mantup peninggalan Mataram. Namun, belum diketahui secara pasti waktu pembangunan candi yang terletak di Dusun Mantup, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta, ini.

Candi Mantup terdiri atas tiga buah bangunan berukuran kecil yang berjajar dari utara ke selatan, dengan arah menghadap ke barat. Candi pertama terletak di sisi utara, terbuat buat dari bata, berukuran 2,5 x 2,5 meter. Candi kedua berada di tengah, terbuat dari batu putih, berukuran 2,16 x 2,16 meter. Sedangkan candi ketiga terletak di sisi selatan, terbuat dari batu putih, berukuran 2,28 x 2,28 mter. Secara keseluruhan bangunan candi ini berada pada kedalaman 1,4 meter dari permukaan dasar tanah.

Candi Mantup termasuk candi tempat pemujaan umat Hindu di masa lalu (Foto: MP/Fredy Wansyah)

Candi Mantup ditemukan pada tahun 1991. Saat itu warga Dusun Mantup melakukan penurunan permukaan sawah untuk pengairan. Namun, pada saat penggalian, ditemukan benda yang diduga bersejarah. Lantas, temuan tersebut dilaporkan ke Balai Peninggalan Cagar Budaya (BPCB) DI Yogyakarta. Selanjutnya tim BPCB melakukan penelitian terhadap Candi Mantup.

Dalam pengamatan BPCB ditemukan sebuah arca berukuran 70x35x20 cm. Bahannya terbuat dari batu andesit. Arca tersebut merupakan arca kalyanasundaramurti. Arca menggambarkan laki-laki dan perempuan yang tengah bergantengan tangan.
"Fungsi Candi Mantup sebagai tempat untuk melangsungkan upacara perkawinan. Perkawinan di suatu bangunan suci dimaksudkan untuk memperoleh berkah dari dewa yang diarcakan," tulis keterangan BPCB DI Yogyakarta, diterima merahputih.com, baru-baru ini.(fre)

BACA JUGA:

  1. Candi Kimpulan, Ditemukan Tahun 2009 Setelah Tertimbun Material Merapi
  2. Yuk Lihat Uniknya Candi Kimpulan di Kawasan Kampus
  3. Nikmati Ketenangan di Candi Banyunibo
  4. Menapaki Jejak Budha Era Mataram Kuno di Candi Banyunibo
  5. Candi Gebang Tempat Pemujaan Umat Hindu Saat Sulit

 

#BPCB Yogyakarta #Bangunan Bersejarah #Tempat Pemujaan Umat Hindu #Candi Mantup
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan