Candi Kalasan, Objek Wisata Dekat Bandara Adisucipto

Fredy WansyahFredy Wansyah - Sabtu, 03 Oktober 2015
Candi Kalasan, Objek Wisata Dekat Bandara Adisucipto
Candi Kalasan di Jalan Solo, Yogyakarta, Sabtu (19/9). (Foto: Merahputih/Fredy)

MerahPutih Wisata - Daerah Yogyakarta terkenal akan wisata candi. Dua di antaranya Candi Prambanan dan Candi Borobudur, Magelang. Tak hanya itu, ada pula candi-candi lainnya yang layak untuk dikunjungi. Tentunya, tak kalah indah dibandingkan kedua candi terkenal tersebut, diantaranta Candi Ratu Boko, Candi Sambi Sari, Candi Ijo, dan Candi Kalasan.

Hampir keseluruhan candi-candi tersebut berada di luar pusat Kota Yogyakarta. Untuk mengunjunginya perlu transportasi khusus, seperti taksi, rental mobil, atau sepeda motor. Pasalnya, transportasi umum ke candi-candi itu tak begitu ramai.

Lantas, bagaimana bagi Anda yang datang ke Yogyakarta menggunakan pesawat terbang? Mungkin Anda tak ingin bersusah payah menelusuri transportasi sesaat tiba di Yogyakarta. Yup, tak ada salahnya Anda membuat destinasi wisata pertama ke Candi Kalasan saat Anda tiba di Bandara Adisucipto.

Candi Kalasan terletak di Dusun Kalibening, Tirtomartani, Kalasan, Sleman. Tepatnya di Jalan Solo, tak jauh dari bandara di Yogyakarta. Letaknya persis di depan kantor Polsek Kalasan. Jaraknya hanya sekitar 2-3 kilometer dari Bandara. Bahkan, jika Anda memang bertujuan wisata ke Candi Borobudur, Anda akan menemukan pertama kali Candi Kalasan. Letaknya di sebelah sisi kanan jalan apabila Anda berangkat dari bandara.

Tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Di kawasan Candi Kalasan, Anda hanya ditarik biaya parkir saja. Namun, jika Anda menggunakan transportasi umum, tentu tidak ada biaya sepersen pun untuk masuk ke kawasan candi tua ini. "Cuma parkir motor dua ribu rupiah. Kalau mobil lima ribu rupiah," ucap Yandri, salah satu petugas parkir, kepada Merahputih.com, Sabtu (19/9), di kawasan Candi Kalasan.

Meski bangunan utamanya hanya menyisakan satu, candi ini terbilang unik. Candi Kalasan memadukan antara corak Hindu dan Budha. Namun, sejarahwan mengategorikan Candi Kalasan sebagai candi umat Budha.

Candi Kalasan didirikan atas perintah Maharaja Tejapurnapana Panangkaran, seorang keluarga Syailendra. Tepatnya di masa kerajaan Mataram kuno. Tujuannya tak lain sebagai bentuk penghargaan terhadap wanita.

Banyak ahli yang mengakui bahwa usia Candi Kalasan lebih tua dibandingkan Candi Borobudur. Jika Anda menyempatkan berwisata ke candi ini, Anda akan terbawa pada imaji masa lalu nusantara tanah Jawa. Bahkan, lantaran sangat tua dan telah beberapa kali dipugar, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta menghimbau pengunjung tidak menaiki tangga ruang dalam candi. Berdasarkan pantauan, beberapa sisi bangunan telah lapuk.

Tri Hartono, kepala BPCB, menyatakan, para pengunjung tidak menaiki pelataran candi. Tri mengkhawatirkan bebatuan dapat runtuh bila terlalu mendapat tekanan dan getaran.

Bagaimana, tertarik dengan Candi Kalasan? (fre)

Baca Juga:

  1. Yuk Intip Tempat Wisata Murah di Yogyakarta
  2. Wisata Edukasi Sejarah Candi Sewu Pilihan Tepat Liburan Keluarga
  3. Google Umumkan Street View Pertama Candi Borobudur
  4. Mengenal Lebih Dekat Candi Belahan
#Wisata Candi Kalasan #Wisata Di Yogyakarta #Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Fredy Wansyah

Bagikan