Canda Kiai Ma'ruf: Masih Kuat Ikut Saya? Rais Aam PBNU KH Ma'ruf Amin. (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Calon wakil presiden nomor urut 01, K.H. Ma'ruf Amin sempat bersenda gurau dengan awak media mengenai stamina dalam mengikuti aktivitas dirinya yang padat.

Kiai Ma'ruf memiliki agenda yang cukup padat. Sejak Jumat (18/3) pekan lalu, ia bersafari keliling Indonesia dari satu titik ke titik lainnya untuk menyapa umat. Sabtu (23/3) hari ini, ia juga sudah dijadwalkan menghadiri sejumlah acara.

Kiai Ma'ruf yang mengenakan jas abu-abu, syal putih, dan peci hitam, menyapa awak media terlebih dulu di teras rumahnya sebelum memulai perjalanan untuk menghadiri apel akbar barisan pengawal ulama menjaga persatuan umat di Lapangan PIK Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

Ketua Majelis Ulama Indonesia ini, sempat menanyakan mengenai daya tahan tubuh awak media yang biasa melakukan peliputan agenda safari Ma'ruf keliling nusantara.

"Ini masih kuat ikut saya?" tanya Kiai Ma'ruf seraya tersenyum, disambut tawa para wartawan di kediamannya Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (23/3) pagi.

Media Officer Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi) - Kiai Ma'ruf, Monang Sinaga menjelaskan kepada Abah, sapaan akrab Ma'ruf, bahwa wartawan yang kali ini ikut peliputan diganti sesuai penugasan dari masing-masing kantor.

"Ini ganti Abah personilnya," kata Monang. "Oh, iya ya," jawab Kiai Ma'ruf sambil tersenyum. Sang Kiaipun memberitahukan bahwa sebelum menemui awak media, di dalam rumah dia baru saja merekam ucapan selamat ulang tahun untuk salah satu portal berita yang berulang tahun.

Suasana wawancara semakin cair karena tiba-tiba dari dalam rumah, Zaza, cucu batita Kiai Ma'ruf muncul. Kiai Ma'ruf bersama istri Wury Estu Handayani langsung menyambutnya. Bahkan, Kiai Ma'ruf menggendong sang cucu dan diperkenalkan kepada awak media.

Untuk diketahui, Kiai Ma'ruf melakukan safari politik di beberapa daerah usai debat cawapres lalu. Pada 18 Maret 2019, Kiai Ma'ruf mengawali safari di Gresik, Jombang, dan Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Sumenep dan Pamekasan pada 19 Maret.

Adapun 20 Maret, Kiai Ma'ruf bertolak ke Bengkulu untuk melakukan kegiatan serupa. Pada 21 Maret, Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu bertandang ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Kiai Ma'ruf kemudian menemui konstituen dan komponen pemenangan pada 22 Maret di Samarinda.

Selanjutnya, Sabtu (23/3) atau hari ini dia sudah terjadwal dengan sejumlah kegiatan di Cakung, Tangeran dan Serang. (Pon)

Baca Juga: Kiai Ma'ruf Amin, Cawapres Keturunan Sunan Gunung Jati?

Kredit : ponco


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH