Campurkan Whisky Anda dengan Air, Rasakan Perbedaannya Untuk menghilangkan rasa smoky para ahli menyarankan menambahkan air. (Foto: scotchwhisky)

WHISKY masih menjadi pilihan favorit spirit. Dibandingkan dengan spirit yang lainnya whisky digemari karena keunikan rasanya dan aturan yang sedikit. Penggemar whisky sejati selalu meminumnya tanpa campuran. Namun para ahli berpendapat lain, seperti yang dituliskan pada laman Mirror, yakni mencampurkan dengan air akan membuat whisky lebih nikmat.

Alasannya adalah untuk mempengaruhi tiga bahan yang ada pada whisky, yakni air, ethanol dan guaiacol. Guaiacol adalah bahan yang memberikan rasa smoky pada whisky. Para ahli melihat bahwa terjadi persaingan antara air dan guaiacol untuk menarik ethanol.

Dengan menambahkan sedikit air lagi pada whisky akan menipiskan rasa smoky yang biasanya hadir terlebih dahulu ketika pertama kali disesap. Biasanya orang menambahkan es batu pada gelas whiskynya untuk menghilangkan rasa smoky tadi.

Guaiacol terbentuk dari gandum (grain) yang dikeringkan melalui pengasapan gambut sebagai bahan malt whisky. Ini yang kemudian membentuk rasa smoky itu. Guaiacol berada di urutan paling atas minuman yang memberikan bau dan rasa. Namun kembali lagi pada individu penikmat whisky, ingin tetap dengan rasa smoky atau menghilangkannya. (psr)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH