Camilan Unik Identik dengan Imlek, Patut Kamu Coba Cemilan Khas Imlek (Sumber: Chinese New Year)

IMLEK identik dengan makan-makan enak. Tak heran jika makanan yang tersaji pada Tahun Baru Imlek begitu melimpah ruah.

Tak hanya makanan yang dijuluki Seven Lucky Food, cemilan yang disajikan pada Imlek juga beraneka ragam. Berikut kudapan lezat yang bisa ditemui saat Imlek:

Baca Juga:

Uniknya Cara Makan Hidangan Imlek, Apa Sih Makna Seven Lucky Food?

1. Biji-Bijian Panggang (gua zi)

Biji-bijian
Biji-bijian (Sumber: Chinese New Year)

Biji yang dipanggang adalah masakan favori sebagian besar orang Tionghoa. Biji bunga matahari menjadi kudapan paling populer saat Imlek. Makanan ini bisa di makan begitu saja atau dijadikan makanan penutup.

2. Kue Beras (bao chao mi)

Popped Rice
Kue Beras (Sumber: Happy New Year)

Nasi adalah bagian tak terpisahkan dari masakan Tionghoa. Hidangannya pun bisa beraneka macam mulai dari dikukus, difermentasi, digoreng, hingga di tumis. Salah satunya dijadikan kue beras. Walaupun bisa dilapisi mentega, garam atau karamel, kue beras yang disajikan saat Imlek tetap mempertahankan rasa alaminya. Cemilan sederhana ini mudah dibuat. Anak-anak pun bisa makan nasi sembari bermain game.

3. Kue Jahe (tang jiang pian)

Kue Jahe
Kue Jahe (Sumber: Chinese New Year)

Permen jahe telah ada sejak Dinasti Ming. Komposisi permen ini terdiri dari bawang putih, gula putih, garam dan bumbu alami. Bahan-bahan tersebut dicampur menjadi adonan. Selanjutnya, adonan tersebut dijemur hingga kering. Bagi mereka yang mengalami pilek atau sakit perut, permen jahe ini mampu menghangatkan tubuh.

Baca Juga:

Apakah Omzet Angpao Naik atau Menurun Tiap Tahunnya?

4. Kue Lidah Sapi (Yilan)

Lidah
Lidah sapi (Sumber: Chinese New Year)

Sesuai namanya, kue kering ini berbentuk seperti lidah sapi yang panjang, tipis dan renyah. Roti ini tidak memiliki isi. Bentuknya menyerupai biskuit. Beberapa pembuat kue menambahkan susu dan krim.

5. Gulali

Gulali
Gulali (Sumber: Chinese New Year)

Gulali merupakan cemilan yang dikombinasikan dengan karya seni. Permen ini terbuat dari gula yang dicairkan dan menjadi karamel. Karamel tersebut kemudian dibentuk menjadi figur tertentu dan ditusuk dengan lidi. Di musim dingin, permen ini bisa ditemukan di sepanjang jalan. Selama tahun baru Imlek. gulali biasanya dibentuk menjadi hewan zodiak tahun ini atau simbol keberuntungan. (avia)

Baca Juga:

Mengenal Lebih Dalam Karakter Shio Tikus

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH