Calon Penumpang Bisa Ikut Rapid Test di Bandara YIA Para calon penumpang di Bandara YIA Kulon Progo (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan 500 unit alat rapid diagnostic test (RDT) COVID-19 di Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rapid test disiapkan bagi calon penumpang yang belum melampirkan surat keterangan sehat.

Pelaksana Tugas Sementara General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama menjelaskan penyediaan RDT ini bertujuan untuk memfasilitasi calon penumpang pesawat yang belum bisa test COVID-19.

Baca Juga:

Makin Ketat, Naik Pesawat dari Bandara Soetta Harus Lewati 4 Pos Pemeriksaan

"Rapid test dilakukan di posko pendataan dan pemeriksaan penumpang di terminal keberangkatan Bandara YIA Kulon Progo,"jelas Pandu di Yogyakarta Senin (18/5).

Bandara YIA menyiapkan rapid test corona bagi calon penumpang yang tak miliki surat keterangan sehat
Bandara YIA siapkan rapid test corona bagi calon penumpang (MP/Teresa Ika)

Petugas yang memeriksa adalah tenaga medis dan dokter yang didatangkan langsung dari Rumah Sakit Panti Rapih, Yogyakarta. Hasil rapid testpun bisa diketahui dalam waktu singkat.

Jika positif, tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY akan menindaklanjuti dengan. Melakukan pemeriksaan SWAB. Namun jika sehat, calon penumpang bisa lanjut terbang.

"Kami juga membolehkan masyarakat umum untuk mengakses fasilitas ini," katanya.

Pihaknya berharap dengan adanya pengadaan rapid test ini tak ada lagi calon penumpang yang batal terbang.

Pasalnya Berdasarkan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19, setiap penumpang wajib melengkapi sejumlah dokumen, salah satunya surat keterangan negatif COVID-19 baik itu dari RDT, PCR maupun swab yang dikeluarkan instansi kesehatan. Jika tidak memiliki dokumen tersebut, maka calon penumpang tidak diizinkan naik kepesawat.

Baca Juga:

Satu Keluarga Terpapar COVID-19, 90 KK Sekampung Jalani Karantina Wilayah

Pandu melanjutkan sejak bandara YIA kembali menerima penerbangan komersil. Pihaknya sudah menolak lima penumpang yang tak mengantongi dokumen negatif COVID-19.

Ia juga mengimbau kembali kepada para maskapai untuk memastikan calon penumpang sudah melengkapi dokumen tersebut.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta.

Baca Juga:

Anies Minta Jangan Mudik Lokal, Silahtuhrahmi Lebaran Lewat Online

Kredit : patricia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH