Calon Lawan Persija Jakarta di AFC Cup 2018 Persija Jakarta. Foto: PT LIB

MerahPutih.com - Persija Jakarta menjadi wakil Indonesia di AFC Cup 2018. Tim berjuluk Macan Kemayoran finis di empat besar Liga 1 musim lalu. Persija salah satu dari lima klub yang sudah memiliki lisensi AFC sesuai keputusan PSSI beberapa waktu lalu.

Proses drawing penyisihan grup baru akan dilaksanakan pada Rabu (6/12) di Kuala Lumpur, Malaysia. Untuk lawan-lawan yang akan dihadapi Bambang Pamungkas dan kawan-kawan berasal dari kawasan Asia Tenggara.

Berikut ulasan singkat calon lawan Persija di Piala AFC 2018:

Home United FC (Singapura)

Home United merupakan salah satu klub Liga Singapura. Musim lalu, tim berjuluk The Protectors menempati posisi ketiga S-League dan berhak berlaga di Piala AFC 2018.

Kualitas Home United perlu diwaspadai oleh Persija, sebab mereka memiliki striker maut asal Kroasia yakni Stipe Plazibat. Selain itu, Home United merupakan Zonal Finalist AFC Cup 2017.

Tampines Rovers (Singapura)

Tampines Rovers sejatinya berlaga di Kualifikasi Liga Champions Asia melawan Bali United. Jika kalah, The Stags akan berlaga di Piala AFC.

Prestasi terbaik Tampines di AFC Cup adalah perempat final pada musim 2005.

Yangon United FC (Myanmar)

Yangon United merupakan runner-up Myanmar National League 2017. Tim ini pernah dibantai oleh Persipura Jayapura dengan skor 9-2 pada AFC Cup 2014.

Kekuatan Yangon United bisa dibilang masih di bawah Persija Jakarta.

Shan United FC

Shan United FC baru pertama kali mengikuti AFC Cup tahun depan setelah menjuarai Myanmar National League dan General Aung San Shield 2017.

Rekam jejak klub berusia 12 tahun ini di kompetisi Asia tidak terlalu bagus.

Johor Darul Ta'zim FC

Johor Darul Ta'zim FC bisa disebut Los Galaticos Malaysia. Sebab, klub berjuluk Southern Tigers memiliki skuat dengan kualitas mumpuni. Bahkan, JDT menjadi klub ASEAN pertama yang menjuarai AFC Cup 2015.

Pada AFC Cup tahun lalu, perjalanan JDT berakhir di zona semifinal. Hal yang patut diwaspadai Persija jika segrup dengan pasukan pelatih Ulisses Morais adalah keberadaan bomber Lebanon, Mohammed Ghaddar yang menjadi top skorer Liga Malaysia musim 2017.

Sông Lam Nghe An FC

Sông Lam Ngh? An FC merupakan tim kuat asal Vietnam. Mereka pernah mengalahkan Sriwijaya FC di AFC Cup 2011. Namun, klub berjuluk SLNAFC juga pernah ditumbangkan Persipura Jayapura di babak 16 besar.

FLC Thanh Hóa FC

FLC Thanh Hóa FC adalah runner-up Liga Vietnam 2017. Tim berjuluk Lam S?n Warriors akan terlebih dahulu memainkan play-off Liga Champions Asia melawan Eastern SC. Andai kalah, mereka akan berlaga di AFC Cup.

Kredit : dika

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH