Calon Kepala Daerah Minta Rekomendasi DPP PDIP Lewat Pintu Belakang, FX Rudy: Aku Iki Ora Tau Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo. (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyindir calon kepala daerah yang meminta rekomendasinya lewat 'pintu belakang' saat berlangsungnya Rakernas I PDIP di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Minggu (12/1) lalu.

Hal itu ditanggapi Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo yang mengusung pasangan bakal cawali dan cawawali Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa di Pilwakot Solo 2020.

Baca Juga:

Maju Pilwakot Solo, Bakal Cawali Independen Ini Tak Gentar Lawan Gibran dan Purnomo

"Saya yang mengusung Purnomo-Teguh tidak pernah meminta rekomendasi lewat pintu belakang," ujar Rudy kepada kepada awak media termasuk merahputih.com di Solo, Selasa (21/1).

Dia menegaskan di Pilwakot Solo selalu mengikuti prosedur yang berlaku. Mulai dari penjaringan dan fit and proper tes sesuai aturan DPP PDIP.

Cawali dan Cawawali Kota Solo Achmad Purnomo-Teguh Prakoso diusung DPC PDIP Solo
Pasangan bakal cawali dan cawawali, Achmad Purnomo-Teguh Prakosa saat mendaftar di DPC PDIP. (MP/Ismail)

"Aku iki ora tahu lewat pintu mburi kok (saya ini tidak pernah lewat pintu belakang). Lewat pintu depan terus ke tempat ibu (Megawati) mengetuk pintu depan," kata Rudy.

Sebagai Ketua DPC PDIP Solo, kata dia, tugasnya sudah selesai dalam melakukan penjaringan. Hal itu mengacu pada PP nomor 24 tahun 2017. Sekarang tiggal menunggu rekomendasi saja dari DPP PDIP.

"Saya memang dekat sama ibu (Megawati). Saat saat bertemu beliau tidak pernah membicarakan masalah rekomendasi," kata dia.

Rudy yang juga menjabat Wali Kota Solo ini memastikan pasangan Purmo-Teguh tidak pernah menemui Ketua Umum PDIP Megawati. Ia mengaku sebelum Rakernas I pernah dipanggil Ibu Megawati, tetapi tidak bicara Pilkada Serentak.

"Saya tidak mengetahui siapa yang dimaksud Megawati itu (Lewat Pintu Belakang). Silahkan tanya sendiri sama Ibu Megawati," kata dia.

Diketahui, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyindir calon kepala daerah yang meminta rekomendasinya lewat 'pintu belakang' saat berlangsungnya Rakernas I PDIP.

Baca Juga:

DPP PDIP Beri Kode Usung Anak Muda, Purnomo Tegaskan Belum Tentu Itu Arahnya ke Gibran

Sindiran itu disampaikan Mega beberapa waktu lalu saat menghadiri perayaan Natal keluarga besar PDIP di Manado, Sulawesi Utara, Senin (20/1). Megawati mengungkapkan adanya calon pemimpin yang ingin maju dalam Pilkada dan meminta langsung rekomendasi kepadanya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Sinyal DPP PDIP Rekomendasi Jatuh ke Anak Muda, Gibran: Tunggu Pengumuman Resmi



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH