Cakrux Rilis Single Religi 'Marhaban ya Ramadhan'

Febrian AdiFebrian Adi - Senin, 20 Maret 2023
Cakrux Rilis Single Religi 'Marhaban ya Ramadhan'
Tak ingin ketinggalan, Cakrux lepas single religi jelang Ramadhan. (Foto: Dok/Doggyhouse Records)

BULAN puasa tinggal menghitung hari. Selain iklan sirup yang mulai bertebaran di layar kaca, band-band atau musisi biasanya akan merilis sebuah single bertema religi. Momentum tersebut ternyata juga dimanfaatkan oleh Cakrux.

Tak mau kalah dengan band-band atau musisi yang mendadak religius menjelang bulan puasa, unit punk minimalis asal Yogyakarta Cakrux merilis single berjudul Marhaban ya Ramadhan untuk menyambut bulan suci Ramadan 2023.

Baca juga:

Bawa Nuansa Pop Ballad, Tiara Effendy Lepas 'Jika Bisa Kulupa'

Setelah menggeber lagu Kredit Motor beberapa waktu lalu, mereka kembali mengeluarkan single baru. Band bapak-bapak yang terbentuk pada 2022 di Jogja ini, bisa dibilang cukup aktif merilis single, layaknya kredit motor yang harus dibayarkan tiap bulan jatuh tempo.

Lagu Marhaban ya Ramadhan menceritakan tentang seseorang yang berpura-pura puasa karena tuntutan sosial. Hal tersebut dialami oleh orang-orang yang terpaksa puasa, bukan karena ibadah melainkan untuk menjaga image di mata masyarakat.

Cakrux memang taat mengusung lagu dengan tema seputar kehidupan rumah tangga, keluarga, mengurus anak, kehidupan bermasyarakat di kampung, pekerjaan, serta lilitan ekonomi. Termasuk lagu tentang berpura-pura puasa ini.

“Pagi ikut sahur, siang ke warung, ikut buka bersama, kita semua pernah mengalaminya. Bahwasanya kita sebagai mausia memang tidak sempurna, namun kita semua sedang bersama-sama berproses untuk menjadi baik, tidak ada yang berhak menghakimi,” vokalis sekaligus gitaris Cakrux Putro dalam keterangan resmi yang diterima Merah Putih, Sabtu (18/3).

Baca juga:

Ricky Zakno Putuskan untuk 'Berjalan Lagi'

Secara musikal, di single ini Cakrux masih bertahan pada konsep bermusik minimalis dan simple dengan gitar yang hanya memakai empat senar dan bass hanya dua senar. Kunci gitar tiga chord anti ribet dan ketukan drum nyerempet Motorhead masih jadi andalan, tentu dengan sound khas efek gitar buatan Putro Sehat, Sehat Effector.

Cakrux kembali menggandeng Seto Bramana sebagai produser, dimana proses rekaman, mixing dan mastering-nya juga dilakukan di DS Records, Yogyakarta. Single Cakrux berjudul Marhaban Ya Ramadhan akan resmi beredar di kanal digital stores (Spotify, TikTok, iTunes, Apple Music dll) mulai 24 Maret 2023 via DoggyHouse Records. (far)

Baca juga:

Bawa Nuansa Pop Ballad, Tiara Effendy Lepas 'Jika Bisa Kulupa'

#Musik #Musik Indonesia #Musisi Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan