Headline

Cakra Buana: Pemikiran Selaras dengan Bung Karno, Rizal Ramli Harus Pimpin Indonesia

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Minggu, 15 April 2018
Cakra Buana: Pemikiran Selaras dengan Bung Karno, Rizal Ramli Harus Pimpin Indonesia
Ratusan Satgas Nasional Cakra Buana Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Ratusan Satgas Nasional Cakra Buana Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengawal rangkaian kegiatan ekonom senior Rizal Ramli semasa di Bandung dan Tasikmalaya pada Sabtu (14/4).

Kepala Satgasus DKI Cakra Buana, Kadiman Sutedy, mengatakan, pengawalan terhadap Rizal Ramli merupakan bentuk apresiasi dari kader PDIP atas komitmen mantan Menko Maritim di era pemerintahan Jokowi tersebut yang konsisten dalam menjalankan konsep Trisakti yang diajarkan Bapak Pendiri Bangsa, Soekarno.

"Semasa ia menjabat, tidak ada satu-pun ajaran Bung Karno tentang Trisakti yang melenceng. Misalnya, soal berdaulat di bidang politik, Rizal Ramli lah yang mengubah nama Laut Cina Selatan menjadi Laut Natuna Utara. Di bidang ekonomi, Rizal konsisten melawan neoliberalisme, yakni pembangunan ekonomi melalui utang," tukas pria yang karib disapa Yongki ini di Pondok Pesantren Raudatul Muta'alimin, Tasikmalaya, Sabtu (14/4) malam.

Ratusan Satgas Nasional Cakra Buana Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. (MP/Ponco Sulaksono)
Ratusan Satgas Nasional Cakra Buana Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. (MP/Ponco Sulaksono)

Bagi Yongki, pengawalan terhadap Rizal Ramli sebenarnya tidaklah cukup untuk membalas jasa-jasa Rizal Ramli terhadap masyarakat Indonesia. Mantan Menko Ekuin era pemerintahan Abdurrahman Wahid itu, sambung Yongki, harus diberikan kesempatan untuk memimpin negeri ini.

"Saya sudah lama kenal Rizal Ramli. Semasa hidupnya selalu menjadi penasihat Presiden. Tapi, hanya sedikit nasihatnya itu yang diimplementasikan penguasa. Padahal, semua ide dan gagasannyaselaras dengan pemikiran Soekarno. Kini saatnya ia pimpin negeri ini," tegas Yongki.

Sebagaimana diketahui, Satuan Tugas (Satgas) Cakra Buana merupakan bagian dari PDIP. Tujuan dibentuknya organisasi tersebut selain menjadi garda bangsa, juga sebagai upaya mendukung penguatan organisasi ketahanan negara, dan menjaga masa persiapan kampanye.

Anggota Satgas Cakra Buana direkrut dari mulai latar belakang pendidikan rendah yang belum memiliki pekerjaan tetap. Mereka adalah potensi bangsa yang harus dilembagakan.

Satgas ini mampu membangkitkan potensi partai sebagai sarana untuk berjuang bagi kesejahteraan rakyat.

Lahirnya Satgas Nasional PDI Perjuangan Cakra Buana ini merupakan sebuah perjalanan yang cukup panjang.

Secara harfiah, Cakra berarti Senjata, dan Buana berarti Dunia. Maka, Cakra Buana berarti Satuan Tugas PDIP Perjuangan yang akan selalu menjadi senjata partai didalam menjaga harkat, martabat, dan kedaulatan NKRI. (Pon)

Baca juga berita terkait di: Ketum Persis Dukung Rizal Ramli Jadi Pemimpin Nasional

#Rizal Ramli
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan