Cak Imin Tegaskan Tidak Ada Lagi Diskusi Penundaan Pemilu

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 26 April 2022
Cak Imin Tegaskan Tidak Ada Lagi Diskusi Penundaan Pemilu
Muhaimin Iskandar saat membuka Sekolah Kepemimpinan Gus Dur di Kantor DPP PKB Jakarta. (MP/Dery Ridwansah)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokow) sudah bersikap tegas memastikan Pemilu dan Pilkada Serentak tetap digelar tahun 2024.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin pun memastikan tidak ada lagi diskusi terkait penundaan Pemilu 2024.

Baca Juga

Pengesahan Anggaran Jadi Langkah Awal Penyelenggaran Pemilu 2024

"Kan setelah presiden bersikap gitu kan sudah jelas. Artinya sudah tidak ada lagi diskusi itu (penundaan pemilu) kan," kata Cak Imin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/4).

Menurut Cak Imin, dirinya mengusulkan penundaan pemilu sebagai bahan diskusi bersama dengan mencermati situasi pandemi COVID-19.

Wakil Ketua DPR RI ini mengatakan hal tersebut sekadar wacana atau usulan yang memang juga aspirasi dari kelompok atau elemen masyarakat.

"Namanya diskusi saja kemarin," ujarnya.

Diketahui, wacana penundaan Pemilu 2024 menjadi 2 sampai 3 tahun dan perpanjangan masa jabatan presiden 3 periode telah menjadi polemik yang hangat dalam beberapa bulan terakhir.

Semua elemen bangsa mulai dari elite politik, pejabat pemerintah, pengusaha hingga masyarakat sipil terlibat dalam polemik kedua wacana tersebut.

Baca Juga

Cak Imin Usul Pemilu Ditunda untuk Tolong Ma'ruf Amin, Nasdem: Ngawur!

Kedua wacana tersebut mulai mencuat pada akhir Februari 2022 ketika Cak Imin mengusulkan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan dengan alasan pandemi COVID-19.

Usulan tersebut disambut pro dan kontra oleh para elite dan masyarakat. Muncul berbagai spekulasi termasuk salah satunya menyebut Presiden Jokowi menginginkan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan 3 periode.

Padahal, Jokowi sudah berkali-kali menegaskan akan taat konstitusi dalam merespons kedua wacana. Bahkan, Jokowi jauh sebelumnya sudah meminta jajaran kabinet untuk memastikan Pemilu 2024 berjalan lancar dan aman.

Terakhir, pada 10 April 2022, Presiden memimpin rapat terbatas (ratas) membahas khusus tentang persiapan Pemilu dan Pilkada tahun 2024 bersama jajarannya di Istana Kepresidenan Bogor.

Dalam arahannya, Presiden meminta jajarannya menyampaikan kepada publik bahwa jadwal pelaksanaan pemilu dan pilkada sudah ditetapkan, yakni 14 Februari 2024 agar tidak muncul isu lain seperti adanya upaya penundaan pemilu. (Pon)

Baca Juga

Megawati Tolak Wacana Penundaan Pemilu 2024

#Pemilu #Pilpres #Muhaimin Iskandar #Partai Politik #DPR RI
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan