Cak Imin Minta Pemeliharaan dan Pengawasan Infrastruktur Negara Ditingkatkan

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 09 Mei 2023
Cak Imin Minta Pemeliharaan dan Pengawasan Infrastruktur Negara Ditingkatkan
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (Foto: DPR RI)

MerahPutih.com - Pemerintah dan semua pihak terkait diminta untuk memperkuat pemeliharaan dan pengawasan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia, terutama infrastruktur jalan.

“Pembangunan infrastruktur sudah berjalan baik. Yang perlu ditingkatkan itu adalah pemeliharaan dan pengawasannya. Ini menurut saya penting dioptimalkan,” kata


Baca Juga:

Wasekjen NOC Indonesia Puji Kesuksesan Tim Hoki yang Rebut Medali Emas SEA Games 2023


Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar dalam keterangannya, Selasa (9/5). Menurutnya, pemanfaatan penyediaan infrastruktur tidak akan berjalan dengan baik tanpa pemeliharaan dan pengawasan yang optimal.

"Jadi pembangunan tentu saja harus berjalan beriringan dengan pemeliharaan dan pengawasan,” ujarnya.

Pria yang karib disapa Cak Imin ini juga mendorong pemerintah untuk memperbanyak laboratorium uji mutu infrastruktur. Menurutnya pemerintah dapat menggandeng sejumlah universitas atau arsitektur terkait untuk mengoptimalkannya.

“Kita ini masih minim punya laboratorium uji mutu infrastruktur, padahal SDM kita banyak yang lulusan Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur misalnya,” ujarnya.

Baca Juga:

NOC Layangkan Keberatan Soal Bendera Indonesia Terbalik, Kamboja Minta Maaf

Dia menambahkan laboratorium uji mutu infrastruktur adalah ujung tombak mutu sekaligus pengawasan pengerjaan infrastruktur di Indonesia, terutama jalan.

Lebih lanjut, Cak Imin mengatakan, laboratorium uji mutu menjadi sangat vital dalam memastikan kualitas pembangunan infastruktur yang layak dan bertahan lama sesuai karakter geografis.

“Jadi kalau setiap pembangunan infrastruktur diuji dulu mutunya, saya yakin kualitas infrastruktur kita akan lebih baik lagi, lebih terjamin, dan tentu tidak cepat rusak,” tutupnya. (Pon)


Baca Juta:

NOC Indonesia Tunjuk 2 Wakil BAKI Jadi Arbiter SEA Games 2023

#Muhaimin Iskandar #PKB #Infrastruktur
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan