Cak Imin ke Anies, Peluang Gibran dan Erick Thohir Jadi Cawapres Prabowo Makin Besar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 01 September 2023
Cak Imin ke Anies, Peluang Gibran dan Erick Thohir Jadi Cawapres Prabowo Makin Besar
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) berjalan bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, Rabu (16/8/2023). ANTARA/Sopian/pras.

Merahputih.com - Jagat perpolitikan tanah air dihebohkan dengan duet Anies Baswedan dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menjelang Pilpres 2024 mendatang.

Informasi itu diungkap oleh Partai Demokrat yang merasa kecewa karena merasa dikhianati oleh Anies Baswedan.

Direktur Eksekutif IndoStrategic Ahmad Khoirul Umam mengatakan, kaburnya PKB dari koalisi pro Prabowo akan memperkuat peluang Gibran Rakabuming Raka dan Erick Thohir. Yakni membuka peluang keduanya menjadi cawapres Prabowo Subianto.

Baca Juga:

PKS Tetap Dukung Anies Baswedan meski Cak Imin Jadi Cawapresnya

"Kaburnya PKB ke sisi NasDem membuka kesempatan bagi Erick Thohir dan Gibran untuk menjadi cawapres pendamping Prabowo," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (1/9).

Umam menilai, peta koalisi mencuatnya duet Anies-Cak Imin kan mengubah peta koalisi. Menurutnya, partai koalisi lain akan menarik Demokrat untuk bergabung.

Di sisi lain, bubarnya Koalisi Perubahan memunculkan spekulasi sikap politik PKS dan Partai Demokrat.

"PKS sendiri kemungkinan bisa tetap mendukung Anies karena kabarnya telah menerima logistik dan juga mendapatkan coat-tail effect dari pencapresan Anies," ucapnya.

Baca Juga:

Pasangan Anies dan Cak Imin Porak-porandakan Formasi Politik

Namun, Demokrat tampaknya akan mengevaluasi total skema koalisi perubahan.

"Hal ini akan menjadi peluang yang baik bagi PDIP merangkul Partai Demokrat untuk memperkuat pencapresan Ganjar Pranowo," jelas dia.

Di sisi lain, Prabowo yang baru saja kehilangan PKB tentu juga berusaha mendekati Demokrat dan PKS yang jelas-jelas punya sejarah dukungan dalam pilpres sebelumnya. (Knu)

Baca Juga:

Surya Paloh Berharap Partai Demokrat Masih Mau Dukung Anies

#Pilpres #Pemilu #Prabowo Subianto
Bagikan
Bagikan