Cak Imin Jadi Penentu Duet Prabowo-Erick Thohir di Pilpres 2024

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 22 Juni 2023
Cak Imin Jadi Penentu Duet Prabowo-Erick Thohir di Pilpres 2024
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar yang juga Ketua Umum PKB saat di Brebes, Jawa Tengah, Minggu (18/6/2023). ANTARA/HO-Humas DPR RI

MerahPutih.com - Kesempatan Menteri BUMN Erick Thohir menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto terbuka lebar. Namun, duet tersebut bisa terjadi dari kesepakatan politik antara Prabowo dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau cak imin.

Mengingat Gerindra dan PKB merupakan partai politik yang masuk dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

"Soal peluang Erick menjadi cawapres Prabowo, tentu kembali pada sikap politik Muhaimin Iskandar sebagai pemegang golden ticket cawapres di koalisi KKIR. Sepanjang kepentingan Cak Imin bisa tergaransi, Erick bisa saja menjadi cawapres Prabowo," kata pengamat politik Citra Institute, Yusak Farchan saat dikonfirmasi, Kamis (22/6).

Baca Juga:

Momen Nonton Indonesia Vs Argentina Jadi Sinyal Kuat Jokowi Jodohkan Prabowo-Erick

Lanjut Yusak, Cak Imin bisa legowo menerima Erick Thohir untuk berpasangan dengan Prabowo dalam Pilpres 2024, terlebih peluang Erick berdasarkan hasil survei politik menempati posisi teratas.

Belum lagi, kata dia, dukungan dari partai lain seperti PAN yang juga mengharapkan Erick Thohir sebagai bakal cawapres akan menambah kekuatan politik untuk kubu Prabowo dan Cak Imin.

"Elektabilitas Erick sebagai cawapres kan menempati urutan teratas atau menjadi top of mind. Di luar itu, Erick sendiri juga di-endorse oleh PAN sebagai cawapres," imbuhnya.

Baca Juga:

Jokowi Pamer Kedekatan dengan Prabowo-Erick, PAN: Tanda-Tanda Bagus Jelang Pilpres

Maka dari itu, menurut Yusak, cak Imin harus didekati dengan baik oleh Erick Thohir karena PKB juga menjadi salah satu mesin politik yang dapat menunjang perolehan suara Prabowo Subianto dan Erick Thohir.

"Meskipun Cak Imin paling berpeluang menjadi cawapres Prabowo, namun bargaining cawapres saya kira bukan harga mati alias bisa dinegoisasikan ulang. Sepanjang barter kepentingan antara Cak Imin dan Erik tercapai, maka terbuka kemungkinan Erick menjadi cawapres Prabowo," paparnya. (Asp)

Baca Juga:

Erick Bersyukur Antusiasme Penonton Tinggi Saat Laga Indonesia - Argentina

#Muhaimin Iskandar #Erick Thohir #Pilpres #Pemilu
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan