Cak Imin Ganti Nama Panggilan Jadi Gus AMI Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat berbicara dalam Talk Show 'Mengembalikan Spirit Gusdur' (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal menggelar Muktamar V di The Westin Hotel, Nusa Dua, Bali, Selasa (20/8). Di sepanjang jalan dari Bandara Ngurah Rai Internasional Airport hingga ke Nusa Dua terpampang belasan baliho Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Menariknya, di baliho-baliho tersebut bertuliskan Gus AMI yaitu inisial dari nama panjang Cak Imin, yakni Abdul Muhaimin Iskandar. Menurut Wasekjen PKB Ahmad Iman, banyak kader PKB yang menginginkan Cak Imin kini dipanggil sebagai Gus AMI. Nama lengkap cak Imin sendiri adalah Abdul Muhaimin Iskandar.

Baca Juga: Cak Imin Tak Masalah Jika Koalisi Pendukung Jokowi 'Gemuk'

"Banyak aspirasi dari bawah. Karena banyak orang yang sebenarnya bukan gus tapi dipanggil gus. (Sedangkan) Cak Imin ini genealoginya benar-benar gus tapi malah dipanggil cak," kata Iman kepada wartawan di Bali, Selasa (20/8).

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. (MP/Rizki Fitrianto)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. (MP/Rizki Fitrianto)

Menurut Iman, Cak Imin merupakan cicit asli dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yakni Kiai Bisri Syansuri. Maka, julukan gus disematkan kepada Muhaimin adalah suatu yang patut.

"Putra kiai, dalam tradisi NU kan sebenarnya dihormati. Tapi mungkin juga karena banyak orang yang gatau kalau Cak Imin ini cucu buyut pendiri NU. Banyak orang PKB bukan anak kiai tapi disebut gus," jelas Iman.

Baca Juga: Tunjuk Kembali Cak Imin Jadi Ketum, Ini Alasan PKB

Sementara, lanjut Iman, muktamar digelar di Bali karena Pulau Dewata menggambarkan sebagai wilayah yang maju dan modern serta melambangkan keberagaman.

"Kenapa di Bali? karena provinsi yang maju dan modern sekaligus menggambarkan keberagaman," pungkasnya. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH