Cak Imin Berharap PKB Dapat Jatah 10 Menteri dan Ketua MPR Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (ANTARA FOTO/Dodo Karundeng)

MerahPutih.com - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar berharap partainya mendapatkan jatah 10 menteri di dalam kabinet Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Semoga dari PKB yang masuk DPR ada 60 orang dan semoga 10 menteri dari PKB," kata Cak Imin, Sabtu (18/5).

Cak Imin mengungkapkan banyak yang marah ketika ia berharap mendapatkan 10 menteri di kabinet Jokowi.

"Namanya juga doa masa enggak boleh kemarin saja banyak yang marah. Doanya sepuluh yang dapat sembilan ya Alhamdulillah," ujarnya.

Di era Jokowi-Jusuf Kalla, PKB pernah mencicipi lima kursi menteri. Mereka adalah Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Ja'far yang belakangan diganti Eko Putro Sandjojo.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar

Kemudian, PKB juga pernah mendapat jatah Kementerian Sosial yang dijabat oleh Khofifah Indar Parawansa. Belakangan, Khofifah mundur karena maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Jatah kursi Kementerian bergeser ke Golkar. Terakhir, PKB menempatkan Imam Nahrawi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga

Ia juga menyebut Menko PMK yang juga Caleg PDIP Puan Maharani cocok jadi Ketua DPR RI. Namun, PKB pun ingin menempatkan diri menjadi kepala lembaga tinggi negara.

"Mbak Puan Ketua DPR insya Allah saya Ketua MPR," ucap Cak Imin

Berdasarkan UU MD3 No 2/2018, kursi Ketua DPR diberikan kepada parpol dengan raihan suara terbanyak. Sementara itu, 4 wakil pimpinan DPR menjadi jatah parpol pemenang pemilu sesuai urutan.

Hitung cepat atau quick count lembaga survei, PKB berada dalam lima besar yang akan mendapat kursi pimpinan DPR. Cak Imin belum menunjuk kader yang akan mengisi salah satu Wakil Ketua DPR RI.

"Belum kita bahas, nanti kita lihat perkembangan," kata Cak Imin.

Muncul dua nama elite PKB yang diusulkan untuk menjadi Wakil Ketua DPR. Mereka adalah Daniel Johan dan Cucun Ahmad Syamsurijal. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH