Cabut Larangan, Jonan Izinkan GoJek dan Sejenisnya Tetap Beroperasi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. (Foto: MerahPutih/Rizki Fitrianto)

MerahPutih Peristiwa - Setelah sebelumnya publik dihebohkan dengan keputusan pelarangan ojek online seperti GoJek dan sejenisnya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akhirnya mencabut larangan tersebut.

Menteri Jonan tetap memperbolehkan GoJek dan sejenisnya beroperasi sebagai solusi disaat transportasi publik belum terpenuhi dengan layak

"Ojek dan transportasi umum berbasis aplikasi dipersilakan tetap beroperasi sebagai solusi sampai transportasi publik dapat terpenuhi dengan layak," ujar Jonan, Jumat (18/12/2015).

Melalui akun resmi Kemenhub pun dinyatakan bahwa sesuai UU 22 tahun 2009, tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, kendaraan roda dua tidak dimaksudkan untuk angkutan publik.

UU tersebut tidak mengakomodir kendaraan roda 2 sebagai transportasi umum, karena semata-mata pertimbangan keselamatan. Namun realitas di masyarakat menunjukkan adanya kesenjangan yang lebar antara kebutuhan transportasi publik dan kemampuan menyediakan.

"Kesenjangan itulah yang selama ini diisi oleh ojek, dan beberapa waktu terakhir oleh layanan transportasi berbasis aplikasi seperti Gojek dan lainnya," ujarnya.

"Terkait dgn aspek keselamatan di jalan raya yg menjadi perhatian utama Pemerintah, dianjurkan untuk berkonsultasi dgn Korlantas Polri," tambahnya.

Kemenhub juga menyatakan bahwa pihaknya sedang melakukan penataan supaya masyarakat bisa menikmati transportasi yg selamat, aman, nyaman, tertib, dan lancar.

BACA JUGA:

  1. Ugal-ugalan Buat Aturan, Adian-PDIP Sebut Jonan Pantas Dipecat
  2. CEO UberJek: Larangan Kemenhub Salah Sasaran
  3. Gojek dan Sejenisnya Dilarang Beroperasi
  4. Di Mabes TNI Mentan Amran Puji TNI Setinggi Langit
  5. Jinakkan Api di Pom Bensin MNC TV, Petugas Kehabisan Air

 

 


Tags Artikel Ini

Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH