Cabut Dukungan untuk Khofifah, Ratusan Kiai Beralih Dukung Gus Ipul

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 05 Agustus 2017
Cabut Dukungan untuk Khofifah, Ratusan Kiai Beralih Dukung Gus Ipul
Kiai kampung yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur (FK3JT). (MP/Budi Lentera)

MerahPutih.com - Ratusan kiai kampung yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur (FK3JT) mendadak memberikan dukungan pada Saifullah Yusuf (Gus Ipul) pada Pilgub Jatim 2018 mendatang.

Padahal, sebelumnya kiai kampung memberikan dukungan pada Khofifah Indar Parawansa yang sama seperti Gus Ipul dari kalangan NU.

"Kami memberikan dukungan pada Saifullah Yusuf, sebab sampai saat ini tidak ada kepastian, apakah Khofifah Indar Parawansa maju atau tidak," kata Koordinator FK3JT KH Fahrur Rozi (Gus Fahrur) saat konferensi pers di Surabaya, Sabtu, (5/8).

FK3JT, kata Gus Fahrur, sebelumnya telah meminta Presiden Jokowi agar merestui Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa untuk maju di Pilgub 2018 mendatang. Tetapi hingga detik ini Presiden Jokowi belum juga belum memberikan restu.

Selain itu, lanjutnya, dari hasil musyawarah para kiai kampung di Jawa Timur, 97 persen kiai kampung akhirnya memilih Saifullah Yusuf. Sementara 3 persen sisanya memilih Khofifah. Padahal, sebelumnya 60 persen mendukung Khofifah, dan 40 mendukung Gus Ipul.

Gus Fahrur menjelaskan, keputusan tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan kiai kampung, sehingga para kiai kampung mayoritas berbalik arah mendukung Gus Ipul.

Dengan demikian, Gus Farur berharap agar Khofifah yang notabene Ketua Muslimat NU tetap fokus menjalankan jabatannya sebagai Menteri Sosial.

Seperti diketahui sebelumnya, ratusan kiai kampung memberikan dua opsi pilihan pada Pilgub Jatim, yakni Khofifah Indar Parawansa dan Gus Ipul. Namun, 60 persen saat itu mendukung nama Khofifah hingga disepakati memberikan dukungan pada Khofifah. (*)

Berita ini dilaporkan oleh Budi Lentera kontributor merahputih.com di Surabaya dan sekitarnya. Baca juga berita terkait berikut ini: Maju di Pilgub Jatim, Khofifah Masih Tunggu Komunikasi Parpol Pengusung

#Pilgub Jatim #Khofifah Indar Parawansa
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan