Buwas Tegaskan Pramuka Terus Bertekad dan Berbakti Tanpa Pamrih

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Sabtu, 14 Agustus 2021
Buwas Tegaskan Pramuka Terus Bertekad dan Berbakti Tanpa Pamrih
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen (Purn) Budi Waseso pada acara peringatan Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021 di Jakarta, Sabtu (14/8). (ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak)

Merahputih.com - Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menguatkan tekad untuk berupaya mendidik kaum muda menjadi manusia yang berkualitas dan peduli pada sesama pada peringatan Hari Pramuka, Sabtu.

"Sesuai dengan slogan Pramuka berbakti tanpa henti, kami akan bertekad untuk terus berbakti di lingkungan masing-masing dengan bekerja secara ikhlas dan tanpa pamrih," ujar Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen (Purn) Budi Waseso pada peringatan Hari Pramuka ke-60 di Jakarta, Sabtu (14/8).

Baca Juga:

Dari Pandu Jadi Pramuka, Gerakan Kebangsaan Pemuda Indonesia

Budi menuturkan bahwa pasang surut yang terjadi selama perjalanan Gerakan Pramuka tidak mengurangi tekad Gerakan Pramuka untuk melanjutkan upaya mendidik kaum muda menjadi manusia yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara serta berkontribusi pada terciptanya dunia yang lebih baik.

Peringatan Hari Pramuka Tahun 2021 mengangkat tema "Pramuka Berbakti Tanpa Henti Dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru Dengan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional" dengan slogan "Pramuka berbakti tanpa henti".

Pada peringatan Hari Pramuka Sabtu, Gerakan Pramuka memberikan penghargaan kepada anggota yang telah menunjukkan prestasi dan pengabdian, termasuk dalam mendukung upaya penanggulangan COVID-19.

Presiden Joko Widodo dalam acara Pelepasan Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia ke Jambore Pramuka Dunia XXIV di Virginia Barat, Amerika Serikat di Istana Negara Jakarta, Jumat (19/7) (Desca Lidya Natalia)
Ilustrasi: Presiden Joko Widodo dalam acara Pelepasan Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia ke Jambore Pramuka Dunia XXIV di Virginia Barat, Amerika Serikat di Istana Negara Jakarta, Jumat (19/7) (Desca Lidya Natalia)

Pandemi COVID-19 yang berlangsung sejak Maret 2020 juga membuat penyelenggaraan kegiatan pendidikan kepramukaan terhambat atau terpaksa ditunda pelaksanaannya.

Dalam kondisi yang demikian, Budi mengatakan, gugus depan-gugus depan berusaha menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang dapat diikuti oleh anggota dari rumah via daring atau kegiatan tatap muka dengan jumlah peserta terbatas dan penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga:

Sekjen Pramuka Sedunia Kagumi Konsep Bhinneka Tunggal Ika

Kendati demikian, pelaksanaan kegiatan via daring juga menghadapi kendala seperti keterbatasan perangkat pendukung dan akses internet.

"Namun sekali lagi sebagai Pramuka yang tabah, kami berusaha untuk dapat mengatasi hal tersebut," katanya. (Asp)

#Pramuka #Hari Pramuka #Ketua Kwarnas Pramuka
Bagikan
Bagikan