Butuh Belasan Orang untuk Robohkan Sapi Kurban Milik Jokowi di Masjid Al-Wusto Sapi limosin 930 kg sumbangkan dari Presiden Jokowi di Masjid Al- Wustho Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/7). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Seekor sapi berjenis limosin seberat 930 kg sumbangkan dari Presiden Joko Widodo di Masjid Al-Wusto Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah telah selesai disembelih. Tidak mudah bagi penitia kurban untuk menaklukkan sapi tersebut. Bahkan, butuh belasan orang untuk merobohkan sapi dan memotong lehernya.

"Sapi sumbangan dari Jokowi ini paling besar dibandingkan sapi lainnya. Karena besarnya sapi, butuh 11 orang untuk meroboh sapi dan memotong lehernya," ujar Sekretaris Takmir Masjid Al Wusto, Purwanto, Jumat (31/7).

Baca Juga

Kebagian Daging Kurban? Yuk Bikin Sate Maranggi

Dikatakan Purwanto, butuh waktu 30 menit untuk menyembelih hewan kurban milik Jokowi. Selanjutnya, sapi ini dipotong-potong dan dagingnya dibagikan langsung pada ratusan warga kurang mampu di sekitar masjid.

"Total ada 20 ekor hewan kurban di Masjid Al Wustho dengan perincian, 15 kambing dan dan 5 sapi. Sapi bantuan Presiden Jokowi ini merupakan yang keempat kalinya di Masjid Al Wusto," katanya.

Sekretaris Takmir Masjid Al Wusto, Purwanto, Jumat (31/7). (MP/Ismail)
Sekretaris Takmir Masjid Al Wusto, Purwanto, Jumat (31/7). (MP/Ismail)

Ketua Takmir Masjid Agung Surakarta, Muhtarom mengatakan, Masjid Agung Surakarta juga mendapatkan bantuan dari Presiden Jokowi berupa sapi limosin seberat 1,3 ton. Namun, untuk penyembelihan baru bisa dilakukan pada Sabtu (1/8).

"Pertimbangan kami melakukan penyembelihan hewan besok (Jumat) karena waktunya mendekati pelaksanaan Salat Jumat," katanya.

Muhtarom menambahkan, Masjid Agung melaksanakan salat Iduladha dengan tetap menerapkan protokol kesehaan. Di mana jemaah salat Idul Adha harus memakai masker, jaga jarak, pengecekan suhu badan.

Baca Juga

Idul Adha di Tengah Pandemi Corona, Anies Kenang Pengorbanan Nabi Ibrahim

"Khotbah salat Idul Adha kami persingkat. Demikian ayat yang dibaca imam salat juga surat-surat pendek," tutup Muhtarom. (Ismail/Jawa Tengah)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH