Butuh Asupan Ekstra Vitamin D? Kamu Bisa Mendapatkannya dari 5 Makanan ini

VITAMIN D adalah satu-satunya nutrisi yang diproduksi tubuh ketika terkena sinar matahari. Namun, hingga 50% penduduk dunia mungkin tidak mendapatkan cukup sinar matahari. Ini disebabkan orang lebih menghabiskan waktu mereka di dalam ruangan atau makan makanan yang rendah kandungan vitamin D. Menurut data Reference Dialy Intake (RDI) AS, tubuh harus memiliki 600-4000 IU (International Units) per harinya.

Dilansir dari honestdocs.id, kurangan vitamin D dapat menyebabkan deformitas tulang seperti rakhitis pada anak-anak, dan nyeri tulang dan nyeri akibat kondisi yang disebut osteomalacia pada orang dewasa.

Rendahnya vitamin D dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh lemah dapat meningkatkan risiko kanker, kodisi otot dan tulang yang melemah. Melansir laman healthline.com, berikut lima makanan alami yang kaya akan kandungan vitamin D:

1. Minyak Ikan Kod

Butuh Asupan Ekstra Vitamin D? Kamu Bisa Mendapatkannya dari 5 Makanan ini
Populer selama bertahun-tahun untuk mencegah dan mengobati anak-anak dari berbagai penyakit (Foto: pexels/pixabay)


Minyak ikan kod adalah suplemen yang populer selama bertahun-tahun untuk mencegah dan mengobati anak-anak dari berbagai penyakit. Jika kamu tidak menyukai ikan, mengkonsumsi minyak ikan kod bisa menjadi kunci untuk mendapatkan nutrisi tertentu yang tidak tersedia dari makanan lain.

Minyak ikan kod merupakan sumber vitamin D yang sangat baik. Cukup dengan satu sendok teh perhari sudah menghasilkan 500 IU. Minyak ikan kod juga mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi.

Selain itu, minyak ikan kod juga merupakan sumber vitamin A yang sangat besar. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsinya itu bisa menjadi racun. Karenanya, berhati-hatilah untuk tidak meminumnya terlalu banyak.

2. Salmon

Butuh Asupan Ekstra Vitamin D? Kamu Bisa Mendapatkannya dari 5 Makanan ini
Salmon mengandung vitamin D yang sangat besar (Foto: rawpixel.com)


Selain enak, ikan salmon mengandung vitamin D yang sangat besar. Menurut Daftar Kompisisi Bahan Makanan (DKBM), satu porsi salmon seberat 3,5 ons mengandung 361-685 IU vitamin D.

Beberapa penelitian juga menemukan fakta salmon hasil tangkapan liar mengandung 1300 IU per porsinya, sedangkan salmon yang dibudidayakan hanya mengandung 250 IU vitamin D. Mengonsumsi ikan salmon mampu mencegah kamu dari risiko penyakit yang berhubungan dengan tulang dan sendi.

3. Tiram

Butuh Asupan Ekstra Vitamin D? Kamu Bisa Mendapatkannya dari 5 Makanan ini
Rendah kalori, kaya akan vitamin D (Foto: rodneysoysterhouse.com)


Tiram merupakan jenis kerang yang hidup di air asin. Memiliki rasa yang lezat yang rendah kalori dan penuh nutrisi.

Satu porsi tiram berukuran 3,5 ons (100 gram) hanya mengandung 68 kalori tapi nengandung 320 IU vitamin D. Selain itu, tiram juga mengandung vitamin B12, tembaga dan zinc.

4. Udang

Butuh Asupan Ekstra Vitamin D? Kamu Bisa Mendapatkannya dari 5 Makanan ini
Udang makanan rendah lemak cocok untuk kamu yang sedang diet (Foto: pexels/Dana Tentis)


Udang merupakan makanan laut populer yang ternyata memiliki banyak manfaatnya. Udang mengandung 152 IU vitamin D. Udang juga mengandung zat bernutrisi yang sehat seberti, omega-3, vitamin B2, tembaga, fosfor, yodium, dan protein yang bermanfaat.

Buat kamu yang sedang diet, jangan ragu untuk memakan udang bahkan itu cocok sekali dengan usaha penurunan berat badan yang sedang kamu lakukan, itu dikarenakan udang memiliki kandungan lemak yang rendah.

5. Susu kedelai

Butuh Asupan Ekstra Vitamin D? Kamu Bisa Mendapatkannya dari 5 Makanan ini
Susu kedelai yang kaya akan vitamin D juga cocok untuk kamu yang mempunyai intoleransi laktosa (Foto: pexels rawpixel.com)


Bagi kamu yang memiliki intoleransi laktosa atau tidak bisa mengonsumsi produsk susu yang dihasilkan dari hewan, jangan takut tidak mendapatkan cukup vitamin D. Susu kedelai bisa menjadi pilihan terbaikmu.

Susu nabati seperti susu kedelai juga memiliki nutrisi, vitamin, dan mineral lainnya seperti yang biasanya ditemukan dalam susu sapi. Susu ini mengandung 99-200 IU vitamin D untuk satu cangkir 237 ml. (sel)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH