Kesehatan
Butterfly Pea, si Biru nan Kaya Antioksidan Bunga telang memiliki warna yang cantik. (pixabay tamanna_rumee)

BUTTERFLY pea atau yang dikenal dengan nama ilmiah Clitoria ternatea merupakan salah satu tanaman asli Asia yang terkenal karena kecantikan warna birunya. Di Indonesia, bunga ini dikenal dengan nama yang cukup beragam, salah satunya bunga telang. Di balik kecantikan warnanya, bunga ini memiliki banyak manfaat.

Bunga ini kaya akan anthocyanin yang merupakan senyawa antioksidan yang membuat warnanya unik. Karena itulah bunga ini umum digunakan untuk bahan dasar kosmetik atau sebagai pewarna alami makanan, minuman, dan tekstil. Selain itu, bunga ini juga bisa dikonsumsi sebagai teh herbal atau koktail yang kemudian akan dicampur dengan beberapa bahan seperti serai, madu, dan lemon. Dengan cara direndam, bunga ini ini bia menjadi sumber pewarna alami untuk makanan dan minuman. Hal itu membuat bunga ini menjadi bahan yang populer di kalangan ahli mixologi untuk koktail spesial.

Terlepas dari kepopuleran bunga ini, apakah kamu tahu bahwa ada manfaat dari butterfly pea? Seperti dikabarkan Healthline berikut beberapa manfaat bunga telang.

BACA JUGA:

Jangan Buang Air Cucian Beras Bisa untuk Kulit dan Rambut Cantik

Pertama, untuk mendukung kesehatan kulit dan rambut. Banyak produk kosmetik yang menggunakan bunga ini karena memiliki banyak manfaat, mulai dari serum perawatan kulit hingga untuk rambut. Menurut sebuah studi pada 2021, bunga ini membuat kulit menjadi lebih terhidrasi sampai 70 persen setelah penggunaannya.

bunga telang
Bunga telang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.( pixabay ThoughtStart)

Pada penelitian hewan 2012 ditemukan bahwa ekstrak bunga ini lebih efektif dalam meningkatkan pertumbuhan rambut daripada minoxidil, yang merupakan produk umum yang digunakan untuk mengobati kerontokan rambut. Bunga ini juga mengandung beragam antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit rambut.

Kedua, bunga ini juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Ekstrak bunga ini dapat memperlambat pembentukan sel- sel lemak dengan mengatur jalur tertentu yang terlibat dalam perkembangan. Beberapa penelitian tabung dann hewan yang lebih tua menemukan bahwa ternatin yang ditemuka di dalam bunga ini dapat memblokir sintesis sel- sel lemak pada tubuh. Selain itu bunga ini juga dapat mengurangi gula darah yang ada di dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 15 pria menunjukan bahwa mengonsumsi minuman yang mengandung ekstrak bunga ini dapat meningkatkan kadar antioksidan dan mengurangi kadar gula darah dan insulin. Sebuah studi melaporkan bahwa sifat antioksidan bunga ini dapat melindungi kerusakan sel dan komplikasi yang berkaitan dengan diabetes.

bunga telang
Bisa dikonsumsi dengan keadaan dingin dan juga ditambahkan dengan lemon .(Nha Van)

Mengonsumsi teh bunga ini cukup mudah. Kamu hanya perlu membersihkan bunganya lalu mengeringkannya. Setelah bunganya kering, kamu bisa menggunakan bunga ini cara dengan ditambahkan air panas, kemudian biarkan bunga ini terendam selama 10-15 menit. Setelah itu, kamu bisa menyaring bunga ini. Kamu juga bisa menambahkan perasan lemon, jeruk nipis atau madu untuk menambahkan rasa. Keasaman buah jeruk dapat mengubah warna minuman ini menjadi rona ungu tua. Teh ini bisa dinikmati dalam keadaan panas ataupun ditambahkan dengan es batu.

Ahli gizi menganggap bunga ini aman utnuk dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, jika kamu sedang mengonsumsi obat dari dokter juga, lebih baik kamu berkonsultasi terlebih dahulu sebelum meminum bunga ini ataupun produk herbal lainnya.(pid)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tren Obati Jerawat dengan Air Garam Laut, Begini Tanggapan Dermatologi
Fun
Ngapain Sih Betah Berlama-Lama Menggulir Layanan Pesan-Antar Makanan Sampai Seharian!
Hiburan & Gaya Hidup
Ngapain Sih Betah Berlama-Lama Menggulir Layanan Pesan-Antar Makanan Sampai Seharian!

Masa ongkos kirim lebih mahal ketimbang harga makanan. Cari tempat lain aja.

Taktik PSY Rayu  Song Joong-ki dan Lee Byung-hun untuk Muncul di MV
ShowBiz
Taktik PSY Rayu Song Joong-ki dan Lee Byung-hun untuk Muncul di MV

Butuh pendekatan untuk menghadirkan bintang ternama.

Rose BLACKPINK Sempat Tidak Direstui Orang Tua Untuk Jadi Artis
ShowBiz
Rose BLACKPINK Sempat Tidak Direstui Orang Tua Untuk Jadi Artis

Akhirnya orang tua Rose merestuinya jadi artis karena alasan ini.

Pemburu Diskon Jangan Lewatkan Program 11.11, Luber Hadiah
Fun
Pemburu Diskon Jangan Lewatkan Program 11.11, Luber Hadiah

Diskon besar-besaran berlangsung hingga 14 November.

Squid Game Lokal, Sebuah Kreativitas?
ShowBiz
Squid Game Lokal, Sebuah Kreativitas?

'Squid Game' dalam tayangan lokal. Bangga atau menggelikan?

Yuk, Ikut Festival Jelajah Indonesia dari Rumah
Fun
Yuk, Ikut Festival Jelajah Indonesia dari Rumah

Cocok untuk kamu yang rindu liburan.

Karyawan yang Cakap Teknologi Masih Kurang
Fun
Karyawan yang Cakap Teknologi Masih Kurang

Pertumbuhan digitalisasi di Indonesia masih lamban

Mengenal Eksim Wajah dan Cara Mengatasinya
Fun
Mengenal Eksim Wajah dan Cara Mengatasinya

Kondisi peradangan kulit yang amat mengganggu.