Busa di Kali Item Disebabkan Limbah Deterjen

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 02 Januari 2019
Busa di Kali Item Disebabkan Limbah Deterjen
Busa di Kali Item, Kemayoran, Jakpus. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Kali Sentiong atau Kali Item yang sempat heboh beberapa hari belakangan karena ditutupi oleh busa putih.

Menurut dia, busa yang menumpuk di Kali Item itu hasil dari limbah sisa deterjen yang dipakai secara berlebihan. Sehingga mencemari Kali dan menimbulkan efek busa putih dalam skala besar.

Busa di Kali Item. Foto: ANTARA

Mantan Menteri Pendidikam dan Kebudayaan ini pun menegaskan penanganan seperti ini harus diperhatikan secara masif, agar kali-kali di Ibu Kota tak lagi tercemar.

"Itu memang airnya mengandung kadar deterjen yang sangat tinggi, dan ini yang harus ditangani secara komprehensif," ujar Anies di Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (2/1).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Isnawa Adji menuturkan, penggunaan deterjen di Indonesia merupakan tipe keras yang dapat mebahayakan sungai maupun manusia.

"Jadi kalau kita bandingkan dengan negara-negara maju mereka sudah menggunakan yang namanya Soft deterjen di mana tidak ada kandungan fosfat di kita masih menggunakan batasan-batasan yang pada tahap deterjen yang digunakan pasti akan menghasilkan busa," jelasnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

Isnawa menyampaikan, bahwa kandungan deterjen yang ada di air buangan dari Waduk Sunter ke Kali Sentiong termasuk hard deterjen. Lanjut dia, warga Jakarta umumnya masih menggunakan deterjen yang kelebihan busa.

"Jadi tipikal limbah sisa deterjen di Indonesia itu kebanyakan menggunakan tipe hard detergent dengan kadar yang keras. Ditambah orang Indonesia percaya deterjen itu harus ada busa yang sifatnya keras," pungkasnya. (Asp)

#Polemik Kali Item #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan