Bus AKAP dari Luar Jakarta Jalani Ramp Check di Terminal Terpadu Pulogebang

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 08 Mei 2022
Bus AKAP dari Luar Jakarta Jalani Ramp Check di Terminal Terpadu Pulogebang
Situasi Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang terpantau lengang pada H+4 Lebaran 1443 Hijriah pada Sabtu (7/5/2022). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

MerahPutih.com - Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Ujung Menteng, Jakarta Timur, melakukan pemeriksaan kendaraan terhadap bus antar kota antar provinsi (AKAP) dari luar Jakarta yang tiba di Terminal Terpadu Pulogebang.

Penguji Penyelia UP PKB Ujung Menteng, Zulkifli mengatakan, ramp check dilakukan untuk memastikan bus AKAP dalam kondisi prima atau laik jalan.

Baca Juga

Antisipasi Lonjakan COVID-19 Pascamudik, Demokrat DKI Setuju Usulan WFH

Lanjut dia, pihaknya melakukan pengecekan major dan minor. Untuk pengecekan major terdiri dari pemeriksaan mesin, ban, rem, lampu dan bagian teknis mesin lainnya.

Sedangkan minor terdiri dari pemeriksaan sabuk pengaman, kursi penumpang, toilet, perpindahan gigi (persneling) maupun setir.

“Pemeriksaan rutin bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penumpang dan awak bus selama perjalanan. Kita periksa setiap bus AKAP yang tiba di terminal ini," ujar Zulkifli, Sabtu (7/5).

Baca Juga

Menteri Tjahjo Kumolo Setuju ASN Terapkan WFH setelah Libur Lebaran

Zulkifli menuturkan, jika hasil pemeriksaan bus tidak lolos uji maka armada direkomendasikan untuk tidak beroperasi sementara sampai PO yang bersangkutan melakukan perbaikan. Namun, sambungnya, belum ada temuan yang fatal pada bus AKAP sejauh ini.

“Ada temuan tapi relatif ringan atau masalah minor dan langsung ditangani PO bersangkutan. Kami apresiasi PO yang sudah kooperatif untuk mematuhi segala aturan dan ketentuan," pungkas dia. (Asp)

Baca Juga

Pemudik yang Balik ke Bekasi Dapat Peringatan Khusus dari Polda Metro

#Terminal Terpadu Pulogebang
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan