Buruh yang Tak Aksi di Depan Istana Bikin SIM Gratis di Bekasi Sejumlah buruh yang tergabung dalam Pusat Perjuangan Rakyat Lampung (PPRL) berunjuk rasa memperingati Hari Buruh se-Dunia 1 Mei (May day) di Bundaran Tugu Adipura Bandar Lampung, Lampung, Selasa (1/5)

Merahputih.com - Beragam cara dilakukan dilakukan untuk Memperingati perayaan hari buruh atau May Day yang jatuh setiap 1 Mei. Salah satunya yang dlakukan oleh Polda Metro Jaya.

Pada May Day 2018, Polda Metro Jaya menggelar kegiatan positif berupa memberikan SIM baru dan perpanjang gratis kepada 100 pendaftar pertama bagi buruh. Tak hanya itu, Polda Metro juga memfasilitasi ganti oli gratis, cuci motor gratis, ceramah agama, panggung hiburan, pengobatan gratis. Kegiatan dilakukan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi.

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Purwandi mengapresiasi perayaan May Day di Kabupaten Bekasi. Sedikitnya ratusan buruh dari berbagai elemen organisasi buruh di Bekasi memeriahkan kegiatan tersebut.

"Kami dari Polda Metro Jaya dengan kebijakannya harus mengawal dengan hal positif bagi seluruh pihak," kata Purwadi di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (1/5).

Suasana kegiatan pembuatan SIM Gratis di Bekasi bagi buruh (ist)

Di tahun-tahun berikutnya, kegiatan May Day diharapkan lebih meriah lagi dibandingkan tahun ini. May Day 2018 harus menjadi inspirasi positif bagi buruh dengan tidak harus turun ke jalan, namun dilakukan aktifitas yang bermanfaat."Semoga dilain waktu, kegiatan di sini nanti lebih variatif, dan semoga bisa memberikan inspirasi yang positif bagi kita semua," jelasnya.

Wakil Bupati Kabupaten Bekasi H. Eka Supriatmaja mengucapkan selamat hari buruh international tahun 2018. Semoga dengan adanya kegiatan ini para buruh dapat meningkatkan produktifitas dan menjaga kondusifitas di wilayah Kabupaten Bekasi. "Sehingga kesejahteraan para buruh dapat meningkat dan lapangan kerja dapat bertambah," ujar Eka.

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota dan Kabupaten Bekasi Rahmat Abdullah berharap kepolisian tak hanya menggelar kegiatan SIM gratis. Polisi juga diharapkan mengadakan pelatihan keselamatan berkendara bagi buruh. Kegiatan ini diharapkan berlangsung di lingkungan pabrik. "Mengingat 80 persen kecalakaan buruh terjadi di jalan raya, sisanya kecelakaan di tempat kerja," ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menuturkan pada perayaan hari buruh program servis dan ganti oli motor gratis diselenggarakan di empat wilayah hukum Polda Metro Jaya yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Bekasi Kota, dan Bekasi Kabupaten.

Kegiatan May Day 2018 di dilakukan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi (ist)

Di wilayah Tangerang Kota, program ini akan digelar di alun-alun Ahmad Yani, sedangkan di Tangerang Selatan dilaksanakan di Lapangan Pertamina Curug arah keluar Tol Bitung. Sementara di Bekasi Kabupaten akan dilaksanakan di Stadion Wibawa Mukti. Lanjit dia, Argo penyelenggaraan servis dan ganti oli gratis tersebut diakomodasi polres masing-masing wilayah.

"Selain servis dan ganti oli motor gratis, dalam program ini, disediakan pula pelayanan perpanjangan SIM. Untuk pelayanan perpanjangan SIM nanti akan di-backup Polda Metro Jaya," tandasnya. (Asp)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH