Burhanudin: Jenderal Ini Pantas Dampingi Jokowi di Pilpres 2019 Survey Indikator memaparkan hasil survey. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Nama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo lebih diunggulkan sebagai tokoh paling pantas mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon wakil presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Hal itu, terungkap dari temuan survei nasional yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia bertajuk 'Evaluasi Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK dan Efek Elektoralnya'.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi mengungkapkan, di antara nama-nama yang dianggap paling pantas mendampingi Jokowi sebagai calon wakil presiden, Basuki Tjahaja Purnama lebih unggul dibanding nama-nama lain.

"Ahok berada di posisi teratas 17 persen, Gatot mendapat 14 persen, kemudian Ridwan kamil 11 persen, dan disusul oleh Sri Mulyani yang mendapat 9 persen," kata Burhan saat memaparkan hasil temuan survei, di kantor Indikator, Jalan Cikini V, Jakarta, Rabu (11/10).

Elektabilitas Gatot, kata Burhanudin, merupakan sosok yang paling pantas untuk mendampingi Joko Widodo meski berada di bawah Ahok.

Meski demikian, menurut dia, ketika dikerucutkan ke delapan nama bakal cawapres, dukungan terhadap Ahok relatif tak bertambah. Sedangkan Gatot relatif mendapat dukungan publik sebagai pendamping Jokowi.

"Meskipun kalau dikerucutkan, makin sedikit jumlah nama yang kita tawarkan. Pak Gatot cenderung menarik dukungan lebih banyak dari calon-calon nama pendamping Jokowi dibanding pak Ahok," kata dia.

Survei dilakukan terhadap 1.220 responden berusia 17 tahun atau sudah menikah di 34 provinsi, pada 17 hingga 24 September 2017, melalui wawancara tatap muka dengan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,9 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam rilis survei ini, hadir sejumlah tokoh partai, yakni Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Roy Suryo, Politisi PDI Perjuangan Putri Guntur Soekarno, serta Politisi Gerindra Nizar Zahro. (Pon)

Baca berita terkait Indikator Politik Indonesia lain di: Survei Indikator: Masyarakat Puas Atas Kinerja Presiden Jokowi

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH