Bupati Nonaktif Tegal Enthus Susmono Meninggal Dunia Ki Enthus Susmono (kiri) (Foto: pinterest/akhmadi)

MerahPutih.com - Bupati Tegal Ki Enthus Susmono dikabarkan meninggal dunia pada Senin (14/5) di Rumah Sakit Soeselo, Slawi, Jawa Tengah.

Kabar meninggalnya Bupati Enthus yang juga seorang dalang itu, disampaikan Sinung Rachmadi yang saat ini menjabat sebagai pejabat Bupati Tegal. Ki Enthus meninggal pada pukul 19:10 WIB.

"Insya Allah akan dimakamkan besok siang. Info lanjut menunggu keluarga," kata Sinung.

Bupati Enthus meninggal dalam usia 52 tahun. Sebagaimana diketahui Enthus dilantik menjadi Bupati Tegal periode 2014-2019 oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Bupati Enthus bersama Cak Imin
Bupati Tegal nonaktif Enthus Susmono (kanan) bersama Cak Imin (kiri) (foto: twitter @cakiminnow)

Bupati dan wakil bupati Tegal petahana Enthus Soesmono-Umi Azizah sebelumnya adalah bakal pasangan calon (paslon) pertama yang mendaftar ke KPU Kabupaten Tegal. Mereka mendaftar padahari terakhir pendaftaran bakal paslon dari jalur partai politik pada Pilbup Tegal, Rabu, 10 Januari lalu.

Sebelum terjun ke politik dan bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Ki Enthus merupakan seorang dalang yang dikenal dengan sebutan dalang edan.

Sosok itu juga dikenal sebagai pribadi yang dibesarkan oleh keluarga dalang. Ayah dan kakeknya merupakan dalang yang terkenal.

Wakil Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Tegal Fatkhuri Nurzein sebagaimana dilansir Antara mengatakan saat itu Ki Enthus Susmono setelah mengisi acara imtihan di Desa Sumbarang Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal.

Setelah selesai dan istirahat sebentar, kata dia, masih di sekitar lokasi tetapi kemudian Ki Enthus muntah-muntah dan sempat dibawa ke Puskemas setempat untuk pertolongan pertama, kemudian langsung dibawa ke RS Soeselo Slawi.

"Baru sebentar di RS, jiwanya tidak tertolong dan meninggal dunia di rumah sakit," katanya.

Salah seorang kolega, Maman Imanul Haq juga mengucapkan duka atas meninggalnya Ki Enthus.

"Ya Allah. Telah meninggal dunia Bupati Tegal Bp. H. Enthus Susmono pd hari ini Senin 14 Mei 2018 pk. 19.10," demikian cuitannya.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: PDIP: Tidak Ada Toleransi bagi Terorisme


Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH