Bupati Sleman Akan Pasang CCTV Ditempat Ibadah Bupati Sleman Sri Purnomo (kiri batik hijau tua) di Gereja Santa Lidwina. Foto: Teresa Ika/MP

MerahPutih.com - Bupati Sleman, Sri Purnomo, mengatakan bahwa pihaknya akan meningkatkan keamanan di seluruh tempat ibadah pascapenyerangan gereja Gereja Santa Lidwina Gamping, Sleman, Yogyakarta.

"Kita upayakan ada CCTV di dalam dan di luar (tempat ibadah). Jadi mudah dipantau," ujar Sri Purnomo di Yogyakarta, Minggu (11/02).

Ia pun prihatin dan mengutuk peristiwa penyerangan ini. Sebab peristiwa ini telah mengusik keharmonisan umat beragama yang sudah terjalin damai di Yogyakarta.

"Kejadian ini sangat disayangkan, saya bersama warga Sleman mengutuk tindakan brutal semacam ini," tegasnya.

Sri mendorong aparat menghukum pelaku sesuai perbuatannya.

"Saya mewakili Pemkab Sleman menyampaikan turut prihatin atas kejadian ini dan semoga tidak terulang kembali. Kita doakan bersama agar korban lekas sembuh,"pungkasnya.

Sementara Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri menegaskan polisi menjamin keamanan setiap umat beragama saat beribadah.

"Untuk ibadah di gereja, kami selama ini selalu melakukan pengamanan baik terbuka atau tertutup. Selalu kami kordinasi," tegasnya.

Hingga kini pihaknya masih mengusut motif pelaku. Pelaku diketahui bernama Suliyono, seorang mahasiswa asal Banyuwangi. Ia menyerang gereja saat misa pagi dimulai, sekitar pukul 07.30 WIB. Akibat peristiwa ini empat orang terluka kena sabetan pedang panjang.

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga artikel terkait di: Keuskupan Agung Semarang Kutuk Penyerangan Gereja St LIdwina


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH