Bupati Lumajang Kunjungi Korban Puting Beliung

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Senin, 18 Desember 2017
Bupati Lumajang Kunjungi Korban Puting Beliung
Ilustrasi Puting Beliung. (ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Bupati Lumajang As'ad mengunjungi rumah warga yang menjadi korban bencana angin puting beliung di Desa Karangsari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Kami mengimbau kepada masyarakat Lumajang untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap potensi bencana yang tidak dapat diprediksi seperti angin puting beliung," kata Bupati seperti dilansir Antara, Minggu (17/12).

Kedatangan rombongan Bupati Lumajang tersebut dalam rangka memastikan warganya aman setelah angin puting beliung melanda beberapa titik di Kabupaten Lumajang, Sabtu (16/12).

"Kami mengingatkan masyarakat agar lebih mencintai lingkungan untuk meminimalisir terjadinya bencana dan Pemkab Lumajang menyerahkan uang santunan kepada korban terdampak angin puting beliung," tuturnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang Teguh Widjayono mengatakan, berdasarkan data menyebutkan hujan deras disertai angin kencang menyapu atap rumah dan beberapa pohon tumbang menimpa rumah warga.

Dampak hujan deras dan angin kencang yang berhasil dihimpun Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (TRC PB) BPBD Lumajang melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) menyebabkan beberapa rumah rusak yakni rumah Ibu Dewi yang berada di Dusun Sidodadi RT 02 RW 08, Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono dengan kerugian sekitar Rp 2,5 juta.

Rumah Pak Tipun yang beralamat Dusun Sidorejo RT 02 RW 07 Desa Karangsari Kecamatan Sukodono dengan kerugian sekitar Rp 4 juta dan rumah Ibu Suwarni di Jalan Galunggung RT 001 RW 005 Desa Karangsari Kecamatan Sukodono dengan kerugian sekitar Rp 12 juta. (*)

Kemudian angin puting beliung juga merusak rumah Bapak Sulhan Wahyudi di Jalan Galunggung RT 001 RW 005, Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono, dan kios tambal ban dan warung di utara kantor BNN Kabupaten Lumajang.

"Angin puting beliung juga berdampak pada tumbangnya pohon jenis mahoni diameter 30 cm di jalan Gajah Mada Kepuharjo yang menimpa atap rumah ibu Ica dan atap rumah milik ibu Yuli di samping SDN Kepuharjo 01," katanya.

BPBD Lumajang juga mendapat laporan pohon tumbang di Desa Kedawung, Kecamatan Padang akibat hujan deras yang disertai angin puting beliung tersebut, serta bencana alam lainnya yakni longsor di KM 55 Piket Nol, Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang.

Mendapati laporan tersebut, lanjut dia, Pemkab Lumajang melalui Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) BPBD Lumajang dibantu TNI, Polri dan warga setempat bergerak cepat melakukan pembersihan dan pemotongan pohon.

"Kami juga menyerahkan bantuan darurat sementara berupa terpal, makanan siap saji dan paket lauk pauk kepada warga yang terdampak angin puting beliung," ujarnya.

Ia mengatakan kerja bakti dalam penanganan darurat juga sudah dilakukan bersama dengan TNI, Polri, stakeholder terkait dan masyarakat.

#Angin Puting Beliung
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan