Bupati Kulonprogo: 2019 Bandara Harus Sudah Beroperasi

Ana AmaliaAna Amalia - Sabtu, 20 Agustus 2016
Bupati Kulonprogo: 2019 Bandara Harus Sudah Beroperasi

MerahPutih Peristiwa - Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan bahwa Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo harus sudah beroperasi tiga tahun mendatang. Menurutnya, hal ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo agar dipercepat setahun dari perkiraan awal.

Guna menunjang keberadaan bandara, infrastruktur juga perlu dipercepat. Bahkan, ia meminta pengerjaan proyeknya dikawal dengan baik. "Jalur yang berkelok juga harus dibuat lurus," kata Hasto kepada wartawan di Kulonprogo, DI Yogyakarta, Jumat (19/8).

Infrastruktur penunjang tersebut di antaranya jalur lintas selatan serta keberadaan jalur kereta api.

"Semuanya harus jalan, tidak boleh dilakukan stimultan," paparnya.

Sebelumnya, April 2016 lalu, Bupati Hasto menyampaikan rencana pembangunan awal. Menurutnya, pembangunan awal atau peletakan batu pertama dapat dilakukan bulan Agustus atau September ini.

Di sisi lain, masalah pembayaran ganti rugi lahan belum kunjung usai. Hingga pekan lalu, sebanyak 132 gugatan lahan terkena dampak masuk ke Pengadilan Negeri Wates. 13 di antaranya sedang menjali sidang pada pekal lalu. Berbagai macam gugatan dilayangkan warga yang terkena dampak, di antara ihwal harga ganti rugi yang tak layak hingga ihwal batasan tanah yang terkena dampak.

Berdasarkan pantauan merahputih.com, baru-baru ini, di sepanjang Jalan Deandels, Kecamatan Temon, warga memasang spanduk penolakan pembangunan Bandara Kulonprogo. Spanduk didominasi tulisan yang menyatakan bahwa Bandara Kulonprogo akan mematikan kehidupan pertanian warga Temon serta tidak mendukung penghidupan warga nelayan. (Fre)

BACA JUGA:

  1. Pesona Pulau Pagang yang Memukau dari Sumatra Barat
  2. Panorama Alam Pulau Sikuai di Sumatra Barat
  3. Gubernur Sumatera Barat: TdS 2016 Bisa Jadi Promosi Ikon Pariwisata
  4. 5 Destinasi Wisata Terbaik Sumatera Barat
  5. Wisata Sejarah di Museum Gudang Ransum Sumatera Barat
#Kulonprogo
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan