Bupati Indramayu Resmi Berhenti, Begini Reaksi Ridwan Kamil Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Plt Bupati Indramayu H Supendi di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (MP/Mauritz)

MerahPutih.Com - Pengunduran diri Bupati Indramayu Anna Sophanah membuat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bergerak cepat. Kang Emil demikian sapaan akrabnya, menyatakan surat keputusan terkait pengunduran diri Bupati Indramayu sudah diterima dari Kementerian Dalam Negeri.

Ridwan Kamil mengungkapkan menghormati keputusan pengunduran diri Anna Sophanah. Terhitung sejak 5 Desember lalu, tugas pemerintahan di Kabupaten Indramayu diemban Pelaksana Tugas (Plt) H Supendi.

Penyerahan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.32-8657 tahun 2018 tertanggal 5 Desember 2018 tentang Pemberhentian Bupati Indramayu dan Penunjukan Plt diserahkan, Jum'at (14/12) di Gedung Sate Bandung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengatakan, pengunduran Bupati Indramayu adalah sebuah pilihan yang sangat luar biasa dan harus dihormati karena hal tersebut merupakan hak. Atas pengabdian dan dedikasi Hj. Anna Sophanah yang telah membangun Indramayu, RK menyampaikan banyak terima kasih.

Anna Sophanah bersama Plt Bupati Indramayu
Anna Sophanah bersama Plt Bupati Indramayu H Supendi (MP/Mauritz)

"Terima kasih atas dedikasi dan pengabdian ibu untuk membangun Indramayu. Semoga setelah ini bisa lebih bermanfaat bagi Indramayu," kata RK.

Dalam kesempatan ini Emil mewanti-wanti agar kepala daerah benar-benar serius dalam menjalankan tugasnya dan mengejar ketertinggalan dengan daerah lain serta tidak bermain-main dengan hukum.

"Saat ini Jawa Barat tengah melaksanakan pembangunan secepat mungkin. Untuk itu kabupaten/kota harus mampu mengikutinya," tandasnya.

Kang Emil mengungkapkan, untuk kestabilan dareah dan roda pemerintahan tetep bekerja, ditetapkan pelaksana tugas. RK berharap, dengan adanya pelaksana tugas, pelayanan masyarakat tidak terganggu.

Selanjutnya, terhitung mulai tanggal diserahkannya surat keputusan tersebut, RK berpesan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Indramayu agar segera mengirim surat ke Kementerian Dalam Negeri untuk Plt. Bupati Indramayu definitif.

Mantan Bupati Indramayu Anna Sophanah
Mantan Bupati Indramayu Anna Sophanah (kiri) saat bertemu Kang Emil di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (MP/Mauritz)

"Paling lambat 10 hari ke depan DPRD Indramayu harus segera berkirim surat ke Kemendagri untuk mendefinitifkan Pak Supendi menjadi Bupati Indramayu," tandasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Indramayu H. Taufik Hidayat menjelaskan, sesuai arahan Gubernur Jawa Barat, pihaknya segera memproses dan mengirimkan surat ke Kemendagri agar pelaksana tugas segera didefinitifkan menjadi Bupati Indramayu.

"Kita siap bekerja secara maraton, dan segera melayangkan surat ke Kemendagri, "katanya.

Sementara itu ditemui seusai acara serah terima jabatan, mantan Bupati Indramayu Anna Sophanah mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih banyak atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan selama ini. Selain itu, dirinya juga meminta maaf jika masih ada kekurangan dalam membangun Indramayu.

Anna yakin, H. Supendi mampu melaksanakan tugas dan dapat melanjutkan pembangunan yang selama ini akan dijalankan hingga ke akhir masa jabatannya.

Turut hadir pada penyerahan itu Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah, para kepala SKPD, serta beberapa undangan lainnya.(*)

Berita ditulis berdasarkan laporan Mauritz, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Presiden Jokowi Hadiri Peluncuran Buku "Jokowi Menuju Cahaya"



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH