Bupati Batang Keluarkan Surat Edaran Siaga Bencana

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Minggu, 19 November 2017
Bupati Batang Keluarkan Surat Edaran Siaga Bencana
Ilustrasi. (Foto: screenshoot stripes)

MerahPutih.com - Bupati Batang Wihaji menginstruksikan pada organisasi perangkat daerah (OPD) mewaspadai kemungkinan terjadi bencana alam dan siaga dalam upaya membantu warga yang dilanda musibah bencana.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang Yesaya Simanjuntak mengatakan, Bupati Batang telah mengeluarkan surat edaran tentang upaya penanganan kemungkinan terjadi bencana alam.

"Bupati telah memerintahkan instansi terkait dan jajaran di tingkat kecamatan siap siaga menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam, seperti banjir, longsor, dan angin kencang," kata Yesaya di Batang, Jawa Tengah, Minggu (19/11).

Dengan adanya surat edaran tersebut, kata Yesaya, BPBD akan melakukan langkah antisipasi dan melakukan mitigasi bencana, seperti pemangkasan ataum pemotongan pohon yang rawan roboh karena faktor usia maupun terlalu rindang.

Selain itu, melakukan pembersihan sungai dari sisa sampah dan perawatan drainase di wilayah rawan banjir, serta mencermati daerah rawan longsor, terutama di area permukiman penduduk.

"Saya juga sudah memiliki peta dan data terkait daerah yang rawan bencana sehingga kesiapsiagaan penanganan bencana dapat antisipasi," katanya.

Menurutnya, bencana alam yang perlu diwaspadai di Kabupaten Batang antara lain, banjir dan longsor, terutama di wilayah bagian atas, seperti di Tersono dan Kecamatan Bawang yang memiliki perbukitan dan lereng.

Berdasar dari kejadian sebelumnya, katanya, di Kecamatan Bawang rawan akan bencana longsor sehingga warga yang berada di wilayah itu waspada dan berperan serta menanggulangi bencana.

"Adapun bencana banjir, saya perkirakan terjadi di wilayah Batang Kota. Karena itu, saya minta warga meningkatkan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sisa sampah di aliran sungai," katanya. (*)

#Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) #Bencana Alam
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan