Buntut Kasus Anji, DPR Minta Artis dan Influencer tak Buat Gaduh Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad. Foto: MP/Kanu

MerahPutih.com - Kasus Anji dan Hadi Pranoto yang mengklaim sudah menemukan obat COVID-19 menuai kontroversi. Pasalnya, video yang sudah beredar di masyarakat dinilai hanya bikin gaduh saat pandemi corona.

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, meminta para publik figur di Indonesia supaya tidak membuat kegaduhan selama pandemi virus Corona.

Baca Juga

Dipolisikan Diduga Sebar Hoaks, Anji: Maksud Baik Malah Dianggap Jelek

"Justru itu, kepada para publik figur, dalam situasi pandemi COVID ini agar kita sama-sama mawas diri, kita sama-sama menjaga situasi. Kita sama-sama ingin bahwa Indonesia dalam situasi pandemi ini tidak hiruk pikuk, tidak gaduh," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (4/8).

Dasco pun menyarankan agar youtubers membuat konten yang meningkatkan perekonomian. Seperti, sebut dia, mempromosikan produk-produk UMKM dalam negeri.

"Marilah kita sama-sama justru meningkatkan UMKM, misalnya untuk masing-masing di-endorse di tempatnya masing- masing produk lokal, dalam negeri," jelas dia.

Anji. Foto: Instagram/duniamanji
Anji. Foto: Instagram/duniamanji

"Daripada seperti kemarin, mungkin ada yang menjadi pembelajaran kita semua, ada yang mengklaim vaksin yang sudah teruji dan sebagainya, dan sebagainya," jelasnya.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra itu meminta dilakukan penyelidikan secara mendalam mengenai latar belakang narasumber yang akan diwawancarai.

"Iya itu makanya saya imbau, ya, kita mesti lebih waspada, terutama youtuber-youtuber ini untuk lebih mengenal atau kemudian mem-profiling siapa narasumbernya, sebelum kemudian melakukan endorsement-endorsement," sebut Dasco.

Dasco mengingatkan bahwa semua pihak harus selalu lebih waspada di situasi pandemi sekarang. Diketahui, bahwa vaksin itu sedang dalam tahap uji coba di Indonesia maupun negara-negara lain yang juga membuat vaksin.

Sehingga, semua pihak harus menjaga ketentraman di masyarakat dan jangan kemudian membuat pernyataan-pernyataan yang belum diuji kebenarannya.

“Karena kasihan masyarakat nantinya,” imbuhnya.

Sebelumnya, musisi Anji dan praktisi kesehatan Hadi Pranoto resmi dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait video soal klaim Hadi menemukan 'obat COVID-19'. Keduanya, dilaporkan atas tuduhan menyebarkan berita bohong.

Baca Juga

Blak-blakan Hadi Pranoto soal Ramuannya yang Diklaim Ampuh Bunuh COVID-19

Anji dan Hadi Pranoto dilaporkan CEO Cyber Indonesia Muannas Alaidid. Laporan tersebut tertuang dalam Laporan Polisi LP/4538/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ. tanggal 3 Agustus 2020.

Anji sendiri belum memberikan respons langsung atas pelaporan tersebut. Namun dia memposting kobaran api yang terselip beberapa kalimat di Instagram Stories miliknya. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH