Buntut Hengkangnya Uki, Ariel Akui Noah Alami Kesulitan Ariel akui Noah kehilangan Uki. (Foto: MP/Albi)

PADA tanggal 8 Agustus 2019 lalu, gitaris Mohammad Kautsar Hikmat atau yang lebih dikenal dengan Uki mengumumkan mundur dari grup band Noah. Keputusan itu pun mengejutkan pecinta musik di tanah air.

Uki mengunggah tulisan panjang yang menceritakan perjalanan kariernya dari awal bersama Noah hingga memutuskan diri untuk mundur. Uki pun memastikan jika keputusannya itu bukan dadakan dan telah ia pikirkan matang-matang.

Baca Juga:

Kisah Cinta Habibie dan Ainun Jadi Inspirasi Ariel Noah

uki
Uki yang sudah memikirkan matang kepergiannya dari Noah. (Foto: instagram@uki_kautsar)

“Tiga tahun terakhir saya mulai memikirkan ini baik-baik. Semua ini bukan dadakan tetapi sudah saya pikirkan pelan pelan,” tulis Uki pada unggahan di akun instagram pribadinya @uki_kautsar.

Pasca hengkangnya Uki dari grup band Noah, dalam temu wartawan pada peluncuran album kedua Noah Keterkaitan Keterikatan, Ariel mengatakan bahwa Noah terkena dampaknya. Tentunya pada proses kreatif penyempurnaan lagu. Betapa tidak, Ariel menuturkan jika Uki memiliki peran penting dalam mixing dan mastering lagu-lagu Noah.

“Sampai tahap terakhir album kedua ini kan kita mastering. Kita ada 3 kali mastering diseluruh proses itu masih ada Uki, sampai titik terakhir banget masih ada. Keterlibatannya lebih teknis, dia ke lebih teknisnya, mixing lagu dia semua dia yang lebih tahu balance mixingnya gitu,” jelas Ariel saat ditemui merahputih.com dikawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (12/9).

Baca Juga:

Ketika Ariel Hati-Hati Soal Lagu Terbaru Noah dan Hilangnya Uki

uki
Surat terbuka Uki di medsosnya. (Foto: instagram@uki_kautsar)

Bahkan setelah Uki memutuskan hengkang dari Noah, Ariel mengungkapkan jika Uki sempat membantu Noah pada sesi simulasi panggung. Namun sekarang hal yang biasa dilakukan oleh Uki untuk balance sound digantikan oleh orang lain.

Selain itu, Noah yang saat ini hanya menyisakan tiga personel saja yaitu Ariel, David dan Lukman, Ariel mengaku adanya sedikit kecanggungan pada Noah.

“Canggung sih ada yah, karena kan tadinya berempat jadi bertiga, gimana gitu. Soalnya dari kemarin kan kalau dikerjaan kita sudah terbiasa ada Uki,” tambah Ariel.

noah
Noah saat ini, David, Lukman dan Ariel. (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

“Kalau secara jobdesk kita kan ada masing masing. Tapi pasti seperti ada yang ilang kalau bercandaan ada yang kurang gitu,” ucap David.

“Kalau dari segi sound enggak ada masalah yah! Karena ada pemain yang persis mainnya kayak Uki, memang tuntutannya di panggung harus seperti itu,” tambah Lukman.

Noah baru saja merilis sebuah album kedua dalam bentuk fisik yang bertajuk Keterkaitan Keterikatan. Andil Uki dalam album tersebut sendiri cukup signifikan, bahkan hingga proses akhir pembuatan album Uki masih terlibat di dalamnya. (ryn)

Baca Juga:

Noah Akhirnya luncurkan Album Terbaru Mereka

Kredit : raden_yusuf


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH