Buntut Bentrok di Distrik Sugapa, TNI-Polri Buru KKB Pimpinan Lekagak Telenggen Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw. (ANTARA/Evarukdijati/aa.)

MerahPutih.com - Kapolda Papua Irjen (Pol) Paulus Waterpauw mengatakan, masih mengejar kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Lekagak Telenggen.

"Ini sedang kami dalami," kata Irjen Paulus di sela-sela Rapim TNI-Polri, Jakarta, Selasa (28/1), dikutip Antara.

Baca Juga:

Polisi Temukan Spot KKB Pimpinan Joni Botak Saat Tembaki Bus Freeport

Pengejaran ini dilakukan menyusul terjadinya kontak senjata antara aparat TNI-Polri dengan KKB di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Minggu (26/1) lalu. Peristiwa itu mengakibatkan satu orang anggota KKB pimpinan Lekagak Telenggen, tewas dan satu lainnya berhasil ditangkap.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw menjenguk anggota Brimob yang ditembak KKB di Nduga (Foto: Antaranews)
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw saat menjenguk anggota Brimob yang ditembak KKB di Nduga (Foto: Antaranews)

Polri-TNI pun masih berupaya mengevakuasi para pekerja di lokasi kejadian karena kelompok KKB diduga juga menyerang warga sipil.

"Mereka juga menganiaya masyarakat sipil. Ada yang kerja di perusahaan itu (dianiaya), kami sedang evakuasi, nanti kepastiannya akan saya berikan laporan setelah evakuasi," kata Paulus.

Baca Juga:

KKB Kali Kopi Pimpinan Joni Botak Dalangi Penembakan di Timika

Paulus tidak menjelaskan secara detil penganiayaan yang dilakukan KKB kepada masyarakat sipil tersebut. Ia pun tidak menyebutkan jumlah korban yang jatuh.

Mantan Kapolda Sumut itu menambahkan, ada hambatan dalam upaya mengejar kelompok Lekagak Telenggen. Hal itu karena wilayah operasinya di pedalaman yang jaraknya sangat jauh dari Ibu Kota Paniai, Enarotali.

Namun demikian, Polri dan TNI terus mengejar mereka agar tidak ada lagi korban yang jatuh akibat kelompok separatis ini.

"Kecamatannya terpencil dan tidak ada hubungan komunikasi, tapi maksud saya, itulah fakta bahwa mereka terus menunjukkan eksistensi mereka, kami tangani terus," katanya. (*)

Baca Juga:

Kesal Anak Buahnya Ditembak KKB, Kapolda Papua Bakal Gempur Nduga



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH