Bunga Mawar Identik dengan Cinta? Ini Alasannya Bunga mawar yang identik dengan simbol percintaan. (Foto: Pixabay/AliceKeyStudio)

KITA sudah tidak asing lagi dengan bunga mawar yang sering dikaitkan sebagai simbol cinta dan nuansa romantis. Soal percintaan, bunga mawar memang sering digunakan sebagai wujud dan eskpresi rasa kasih sayang seseorang, terlebih ketika hari Valentine. Mawar merah menjadi bunga yang paling romantis dari segala jenis bunga. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa bunga mawar identik dengan cinta? Padahal masih banyak bunga indah lainnya.

Sebenarnya, ada banyak versi tentang sejarah mengapa bunga mawar identik dengan cinta. Mulai dari legenda kuno Yunani, Arab, Roma, Persia, dan Victoria. Namun dibalik mitos tersebut, tetap menceritakan bagaimana fungsi bunga mawar pada masa itu dan keberadaan bunga mawar pertama kali ditemukan. Bahkan sejarah lain mengungkapkan bahwa mawar merah juga dikaitkan dengan kebaikan hati Perawan Maria.

Baca juga:

7 Bunga ini Juga Punya Arti Romantis untuk Diberikan saat Valentine

Kisah Cinta Venus dan Adonis
Kisah cinta Venus dan Adonis. (Foto: Brewminate)

Dilansir dari berbagai sumber, bunga mawar sudah menjadi lambang cinta sejak zaman dulu. Hal ini berawal dari cerita legenda Yunani serta Romawi kuno, yakni kisah cinta antara Venus atau Aphrodite, si Dewi Cinta dengan Adonis. Kala itu, Venus sedang mencari kekasihnya hingga berlari ke dalam semak-semak bunga mawar.

Ketika melewati semak-semak, duri-duri mawar yang tajam menusuk lalu menggores tangan dan kaki Venus. Darahnya pun jatuh pada setiap helai bunga mawar tersebut. Karena perjuangannya mencari sang kasih, Venus rela membiarkan dirinya terkena duri-duri dari tangkai mawar. Sejak saat itulah mawar identik dengan lambang cinta.

Laman Rose Festival Kazanlak menceritakan bahwa dalam mitologi Romawi, orang-orang kaya Roma lebih suka menggunakan bunga mawar merah untuk melambangkan cinta dan kecantikan. Para dewi memanjakan tubuh mereka dengan mandi bunga mawar. Sedangkan laman Desert Sun juga mengatakan, orang-orang kaya di Roma akan memenuhi kamarnya dengan bunga mawar sebelum mulai bercinta. Hal ini dilakukan agar tempat tidur menjadi lebih lembut dan nyaman.

Bunga Mawar dan Cinta
Puisi Roman de la Rose. (Foto: The British Library)

Baca juga:

4 Bunga Termahal di Dunia

Melansir laman Elite Daily, menurut penelitian dari University of Illinois, bunga mawar pertama kali ditemukan sejak 35 juta tahun yang lalu dan telah muncul sebagai objek kasih sayang sepanjang sejarah. Pada abad pertengahan, puisi Prancis yang berjudul Roman de la Rose yang diciptakan oleh Guillaume de Lorris dan Jean de Meun, juga menggunakan mawar untuk melambangkan seksualitas perempuan sebagai kesempurnaan cinta.

Pada awalnya, bunga mawar pertama kali diyakini berwarna merah muda dan putih. Kemudian berkembang menjadi warna merah karena hasil pembuahan campuran beberapa abad setelahnya.

Arti Warna Merah Pada Bunga Mawar

arti warna merah pada bunga mawar
Warna merah pada mawar memiliki arti tersendiri. (Foto: Reader's Digest)

Lalu, mengapa bunga mawar merah yang paling sering digunakan? Dilansir dari laman The Flower Expert, warna merah digunakan untuk menyampaikan emosi yang mendalam, baik cinta, kerinduan, atau keinginan. Mawar merah juga dapat digunakan untuk menyampaikan rasa hormat, kekaguman, atau pengabdian.

Jumlah mawar yang diberikan ternyata memiliki arti khusus juga lho. Salah satunya adalah ketika kamu memberikan seseorang sebanyak 12 tangkai bunga mawar. Ini berarti kamu menyampaikan tanda I love you dan menginginkan dia menjadi milikmu. (And)

Baca juga:

Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Bunga Calendula



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH