Bung Karno Disebut Pemimpin Islam Pertama yang Membacakan Ayat Suci Al-Qur'an di PBB

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 21 Juni 2023
Bung Karno Disebut Pemimpin Islam Pertama yang Membacakan Ayat Suci Al-Qur'an di PBB
DPP PDI Perjuangan menggelar Haul ke-53 Bung Karno di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (21/6). Foto: MP/Ponco

MerahPutih.com - DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar Haul ke-53 Bung Karno di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (21/6).

Dalam acara itu hadir Ketua Umum Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Hamka Haq, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah.

Baca Juga

Megawati Dorong Penggunaan Teknologi Kelola Ekosistem Laut

Secara virtual hadir Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Di lokasi tampak ratusan jemaah memadati areal masjid, baik di sisi dalam hingga luar. Bahkan, jemaah memadati lantai satu dan lantai dua Masjid At-Taufiq.

Hamka Haq menyatakan pada malam ini para jemaah hadir untuk memperingati Haul ke-53 Bung Karno. Dia menerangkan terdapat sejarah yang memang terukir pada bulan ini. Karena itu, PDIP menyebut Juni sebagai Bulan Bung Karno (BBK).

"Bung Karno lahir 6 Juni 1901 dan wafat 21 Juni 1970. Beliau juga berpidato dalam rangka Hari Lahirnya Pancasila pada 1 Juni. Selalu Juni," kata Hamka.

Hamka menyatakan Bung Karno merupakan pemimpin yang sangat memikirkan bangsa, negara, dan agama.

"Bung Karno adalah sosok pemimpin nasionalis sekaligus religius," jelasnya.

Baca Juga

Respons Puan saat Ditanya Kesediaan Jembatani Pertemuan Mega-SBY

Dia mencontohkan betapa Bung Karno sangat agamis dalam memimpin. Menurut Hamka, pemilihan kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 bertepatan pada 8 Ramadan.

"Sebenarnya beliau mau memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Ramadan, tetapi karena terlalu lama, didesak pemuda saat itu, beliau diculik dari Rengasdengklok," ungkapnya.

Pemilihan Pancasila yang memuat lima sila juga berdekatan dengan angka lima dalam rukun Islam. Masjid Istiqlal, lanjut Hamka, didirikan Bung Karno sebagai simbol kemerdekaan Indonesia.

"Beliau tercatat pemimpin muda pertama yang membacakan ayat-ayat suci di PBB. Semua pemimpin Arab tak ada yang membacakan. Yang memulai Bapak Soekarno dan banyak bukti bahwa beliau pemimpin nasionalis-religius," bebernya.

Lebih lanjut Hamka berharap api perjuangan dan gagasan Bung Karno bisa diwarisi oleh seluruh rakyat Indonesia. (Pon)

Baca Juga

Megawati Terima Brevet Kehormatan Hidro-Oseanografi TNI AL

#Sukarno #PDIP
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan