Bunda Wajib Tahu! Tingkatan Usia Anak untuk Membicarakan Seks Melalui media yang tepat berikan edukasi seks kepada anak (Foto: Pexels/Pixabay)

MENGENALKAN perihal seks kepada anak sangat dianjurkan sedini mungkin. Namun kamu harus menjelaskan hal ini dalam bentuk yang paling sederhana sehingga mudah dipahami oleh anak.

Dalam penyampaiannya, usahakan hindari memberikan perumpamaan yang tidak objektif dan tidak masuk di akal si kecil. Penjelasan yang kamu berikan harus disesuaikan dengan umur dan tahap perkembangan anak.

Bagaimana caranya? Berikut ini merupakan cara-cara memberikan pendidikan seks pada anak seperti dilansir Go-Dok, disesuaikan dengan tingkat umurnya masing-masing;

1. Usia 1- 5 tahun

Usia 1- 5 tahun. (Pixabay/sathyatripodi)
Usia 1- 5 tahun. (Pixabay/sathyatripodi)

Pada usia ini, kamu bisa mulai memperkenalkan kepada anak mengenai organ-organ seks miliknya dan menjelaskan perbedaan alat kelamin dari lawan jenisnya. Beritahukan kepada anak bahwa alat kelamin miliknya tidak boleh diperlihatkan, baik pada orang asing maupun orang yang mereka kenal.

Ajarkan kepada anak untuk berteriak apabila ada orang yang menyentuh alat kelaminnya. Kamu harus membiasakan anak untuk berganti pakaian diruangan khusus dan menutup pintu kamar mandi ketika anak sedang buang air kecil atau air besar.

Kredit : zaimul

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH