Parenting

Bunda, Sempatkan Mendongeng untuk Si Kecil

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Sabtu, 04 September 2021
Bunda, Sempatkan Mendongeng untuk Si Kecil
Luangkan waktu untuk mendongeng. (Foto: Unsplash/Ben White)

BUNDA jangan cari waktu untuk mendongeng. Namun, bunda harus meluangkan waktu agar bisa menceritakan dongeng kepada si kecil. Apa bedanya? Tentu kalau tidak ada niat mendongeng dari bunda, tidak akan pernah ada waktu yang tepat untuk melakukannya.

Kesibukan kamu tidak akan pernah habis. Kalau kamu kerja, pasti lelah setelah pulang ngantor. Sama juga dengan bunda yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Waktu berbenah seakan 24 jam, sehingga tidak ada waktu tersisa untuk berinterasksi dengan si kecil, dan menceritakan dongeng yang disukainya.

Baca Juga:

Dongeng Digital, Apakah Lebih Baik Dari Dongeng Tradisional?

Padahal nih ya, mendongeng memiliki banyak manfaat bagi si Buah Hati. Misalnya dapat membantu anak memperkaya kosa kata, meningkatkan rasa percaya diri, dan membantu mempelajari bahan bacaan yang lebih sulit.

"Dengan mendongeng pondasi perkembangan kognitif buah hati kita optimal. Karena dia mendengar kata-kata. Daya imajinasinya akan berkembang dengan baik," papar DRA RAtih Ibrahim, M.M., Psikolog Klinis Nutriods Council Expert dalam sebuah temu pers daring beberapa waktu lalu.

Mendongeng memiliki banyak manfaat untuk sang buah hati. (Foto: Pexels/Pixabay)

Studi menunjukkan adanya korelasi mendongeng dengan pembentukan nilai moral dan karakter. Melalui dongeng Bunda dan Ayah memberikan afirmasi positif nilai-nilai kehidupan, yang membantu memastikan tumbuh kembang anak agar optimal.

Nah, kalau kamu bingung mau membacakan dongeng apa untuk si kecil, tak perlu khawatir. Nestlé DANCOW hadirkan kembali Dongeng Aku dan Kau dengan tema “Indonesia Mendongeng” dengan mengangkat dongeng asli Indonesia yang kaya nilai-nilai budaya Indonesia.

Dongeng tentang kebudayaan Indonesia ini penting untuk bunda beri tahu ke si kecil agar ia makin mencintainya. "Membacakan dongeng rakyat Indonesia juga akan membantu Si Buah Hati mengenal dan mengapresiasi budaya kita, ia akan belajar tentang nilai-nilai moral serta karakter positif seperti keberanian, kasih sayang, dan kepedulian," tambah Ratih.

Baca Juga:

Serunya Acara Dongeng Kejutan Oleh Komunitas 'Ayo Dongeng Indonesia'

Kegiatan ini pun mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Dr. Muhammad Hasbi, Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek RI menyambut baik Program dongeng ini. Menurut Hasbi, program mendongeng ini sejalan dengan visi-misi Kemendikbudristek.

Banyak pilihan dongeng untuk anak. (Foto: Unsplash/Josh Applegate)

"khususnya Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, yang bercita-cita agar setiap anak Indonesia berkesempatan mendengarkan cerita dongeng. Kemendikbudristek pun terus mendorong peningkatan kompetensi mendongeng untuk guru (PAUD) dan orang tua," papar Hasbi.

Pendongeng dan pendiri Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Ariyo Zidni menuturkan dongeng rakyat Indonesia mengajarkan nilai-nilai kejujuran, kerajinan, gotong royong, berbuat baik dan menolong orang lain. Ini dapat membantu Si Buah Hati dalam menghadapi tantangan hidup sehari-hari.

"Kisah dongeng Pangeran Palasara misalnya, dapat mengajarkan Si Buah Hati tentang pentingnya berbesar hati dan berbuat baik pada sesama," ujar Ariyo. (ikh)

Baca Juga:

Bukan Cuma Menghibur, Dongeng Pun Mengedukasi Anak Hingga Manula!

#Parenting #Ilmu Parenting #Dongeng
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan