Bunda, Nih Rekomendasi 'Finger Food' Alami untuk Tumbuh Kembang si Kecil Memperkenalkan ragam rasa dengan memberikan finger food berbahan alami (Foto: verywell family)

PENGETAHUAN akan finger food belakangan menjadi perhatian untuk orangtua baru. Beragam jenis dan rasa diciptakan agar si kecil tidak merasa bosan. Gizi sangat penting untuk diperhatikan saat membuat makanan untuk si kecil. Pertumbuhan semasa balita sangat memerlukan gizi yang kompleks. Biasanya, bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan dan murah. Penyajian yang senderhana menjadi faktor utama saat menyiapkan makanan.

Dilansir dari laman alodokter, berikut rekomendasi beberapa finger food alami yang bisa kamu coba untuk kudapan si kecil. Mereka tidak akan merasa bosan jika diberikan makanan dengan penampilan menarik dan tentunya menggugah selera.

Baca juga:

Bunda, Cobain deh Menu Camilan Sehat untuk si Kecil

1. Sereal

Rekomendasi 'Finger Food' Alami untuk Tumbuh Kembang si Kecil
Sereal salah satu bahan alami finger food si kecil (Foto: pexels/monserrat soldu)

Salah satu pilihan untuk dijadikan finger food, cobalah berikan si kecil sereal. Terkandung ragam manfaat. Sereal mampu menutrisi tumbung kembang anak.

Selain itu, sumber karbohidrat, protein, mineral, dan antioksidan dalam sereal mampu mencukupi kebutuhan gizi si kecil. Berilah sereal yang mudah digenggam si kecil dan rendah gula. Pastikan tak ada zat pewarna tambahan.

2. Roti panggang

Rekomendasi 'Finger Food' Alami untuk Tumbuh Kembang si Kecil
Potong roti panggang berbentuk persegi panjang sesuai genggaman si kecil (Foto: pexels/pixabay)

Roti panggang memiliki ragam manfaat. Mulai dari menambah energi tubuh, pengobatan saat diare, mengurangi rasa mual, santapan ketika diet, hingga sebagai finger food.

Memilih roti panggang sebagai finger food bisa diberikan untuk anak di atas enam bulan. Potong kecil-kecil, guna memudahkan si kecil menggenggam.

3. Irisan buah

Rekomendasi 'Finger Food' Alami untuk Tumbuh Kembang si Kecil
Irisan buah kaya akan vitamin, mineral, serat, folat dan kalium (Foto: pexels/pixabay)

Rekomendasi lainnya, bunda bisa berikan irisan buah-buahan untuk si kecil. Tak hanya menyehatkan, camilan buah juga menyegarkan.

Beberapa buah yang dianjurkan, meliputi pisang, avokad, pir, apel, atau semangka. Potonglah berbentuk dadu atau diiris untuk memudahkan si kecil saat mengunyah.

Kandungan folat, vitamin A, B6, B12, kalium dan serat dalam buah pisang baik untuk saluran pencernaan si kecil. Sebagai makanan pendamping ASI, buah avokad jadi sumber lemak tak jenuh yang mendukung pertumbuhan bayi.

Begitu pula dengan buah apel yang kaya akan vitamin C, K, kalium, mineral dan serat. Kandungan tersebut mampu meningkatkan nafsu makan anak.

Baca juga:

4 Makanan Ini Berbahaya untuk Kesehatan Bayi di Bawah Usia Satu Tahun

4. Rebusan sayur

Rekomendasi 'Finger Food' Alami untuk Tumbuh Kembang si Kecil
Brokoli bisa dijadikan sebagai finger food si kecil yang menyehatkan (Foto: pexels/buenosia carol)

Selain buah-buahan, merebus sayuran untuk dijadikan finger food juga baik untuk membantu proses tumbuh kembang anak. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi oleh si kecil, di antaranya wortel, brokoli, kembang kol, kentang atau ubi manis.

Sayuran hijau mengandung zat besi dan tinggi folat yang baik untuk kesehatan si kecil. Kalsium, serat, sulfur, dan folat dalam brokoli juga membantu berikan rasa unik di lidah si kecil sebagai pengenalan jenis rasa. Meski begitu, kandungan gas dalam kembang kol dan brokoli tetap harus diwaspadai.

5. Daging

Rekomendasi 'Finger Food' Alami untuk Tumbuh Kembang si Kecil
Suwiran daging dimasak hingga empuk (Foto: pexels/keegan evans)

Ketika si kecil mulai diperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI), bunda bisa berikan daging olahan. Kandungan protein, zinc, dan zat besi dalam daging mampu mendukung tumbuh kembang anak. Pemberian finger food berbahan daging hanya diperuntukkan bayi usia enam hingga delapan bulan ke atas.

Potong atau suwir daging kecil-kecil. Pastikan dimasak hingga empuk untuk memudahkan si kecil mengunyahnya. Untuk memastikannya, bunda bisa mencicipi dagingnya lebih dulu.

6. Keju

Rekomendasi 'Finger Food' Alami untuk Tumbuh Kembang si Kecil
Berikan keju bertekstur lembut dan iris tipis (Foto: pexels/nastyasensei)

Kandungan kalsium dalam keju mampu mendukung tumbuh kembang tulang si kecil. Pilihlah keju bertekstur lembut, tak berbau, dan tak lengket.

Pemberian keju hanya untuk anak di atas usia enam bulan. Bunda juga harus memastikan anak tak alergi susu atau keju. Pilih produk keju yang telah di pasteurisasi. (Dys)

Baca juga:

Mengakali Bekal Sekolah Anak Agar Terlihat Menarik dan Tetap Sehat



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH