Kesehatan

Bunda Lakukan Ini Kalau Anak-Anak Mabuk Darat

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 20 Juni 2018
Bunda Lakukan Ini Kalau Anak-Anak Mabuk Darat
Perhatikan asupan makanan selama menempuh jalur darat. (Foto: beenke)

ORANGTUA yang mengajak anak-anak mudik jalan darat pasti tahu bagaimana anak-anak dapat mengalami mabuk darat.

Kondisi jalan yang macet serta jarak tempuh yang cukup jauh dapat menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua. Begitu juga dengan keadaan jalan yang tidak nyaman. Kemudian lamanya waktu tempuh dapat menyebabkan anak-anak rewel dan merasakan mual akibat terkena mabuk perjalanan.

Mabuk darat, atau dikenal juga sebagai car sickness atau motion sickness. Ini adalah suatu keadaan otak menerima informasi yang berlawanan dari mata, telinga, saraf, dan bagian tubuh lainnya, misalnya kaki dan tangan. Agar perjalanan nanti menyenangkan, berikut 4 hal yang perlu orangtua lakukan agar perjalanan bersama keluarga terasa lebih menyenangkan menurut laman Go Dok:

mabuk darat
Buatlah anak-anak aktif untuk melupakanrasa mual dan pening. (Foto: Reder's Digest)


Aktif


Taruh si kecil untuk duduk di dekat jendela agar ia dapat menikmati perjalanan. Sesekali cobalah perhatikan si kecil, jika Anda melihat anak terdiam dan murung, segera ajak ia berkomunikasi dengan mengajaknya bicara atau memainkan permainan seperti boneka ataupun menebak nama barang yang ditemukan di jalan, misalnya “Ayo tebak dek itu apa? Atau Itu yang kakinya 4 binatang apa?”. Hal ini bertujuan agar pikiran si kecil tidak terfokus pada rasa pusing dan mual yang dirasa.

Asupan Makanan

Jarang yang mengetahui bahwa makanan jenis tertentu, seperti makanan pedas, bersantan, berbumbu berlebihan, dan berlemak, dapat memicu timbulnya mabuk perjalanan pada anak. Solusinya, pilihlah makanan ringan yang mengenyangkan. Semacam biskuit atau roti dengan rasa kesukaannya agar perut si kecil tetap terisi tapi tidak lantas memicu rasa mual. Mudah, bukan?

mabuk darat
Berikan bahan alami penangkal mabuk. (Foto: mykidstime)

Bahan Alami Penangkal Mabuk

Sebelum orangtua memberikan obat anti mabuk pada si kecil. Tidak ada salahnya untuk menggunakan beberapa bahan alami, seperti jahe atau daun mint. Dua bahan ini terbukti dapat memperlambat gerakan dinding lambung sehingga anak tidak mudah merasa mual. Selain itu, aromaterapik yang dikeluarkan oleh jahe dan daun mint ternyata mampu mengurangi rasa pening si kecil.

Obat Anti Mabuk

Hal terakhir yang dapat orangtua lalukan adalah memberikan si kecil obat anti mabuk. Jika si kecil berusia lebih dari 2 tahun, sebaiknya mintalah resep obat anti mabuk untuk anak dari dokter. Biasanya, jenis obat yang diberikan mengandungan dimenhydrinate. Jangan lupa perhatikan juga aturan minum, komposisi hingga efek samping obat, agar anak mendapatkan manfaat yang optimal.

Itu tadi beberapa hal yang ampuh untuk menangani mabuk perjalanan pada anak. Jadi mau liburan kemana akhir pekan nanti? (psr)

#Mabuk Perjalanan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan