Parenting

Bunda, Kenali Pola Asuh Anak yang Sehat

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Sabtu, 30 Oktober 2021
Bunda, Kenali Pola Asuh Anak yang Sehat
Kenali pola asuh anak yang sehat. (Foto: Pexels/Emma Bauso)

MENDIDIK anak yang bahagia serta sehat merupakan salah satu pekerjaan yang paling menantang, sekaligus berharga bagi orang tua. Tidak peduli bagaimana cara kamu mengasuh, kekhawatiran menjadi salah satu hal yang tak dapat terhindarkan.

Oleh karenanya kamu perlu mengetahui beberapa prinsip pengasuhan yang mampu mengembangkan cara kamu mengasuh. Berikut beberapa prinsip pengasuhan yang baik menurut Medicinenet:

Baca Juga:

Perkembangan Anak Lamban? Lakukan Ini Moms


1. Semua yang kamu lakukan jadi contoh

Semua yang kamu lakukan jadi contoh bagi anak. (Foto: Pexels/Gustavo Fring)


Semua perilaku yang kamu lakukan sebagai orang tua dapat ditiru oleh anak-anak. Ini merupakan salah satu prinsip yang paling penting dalam mengasuh anak. Sebab meniru kebiasaan orang tua, menjadi salah satu tahap perkembangan anak yang paling penting, mulai dari bahasa hingga perilaku.

Oleh karenanya, kamu harus memikirkan dan mengontrol segala bahasa dan perilakumu di depan anak. Salah satu sikap orang tua yang seringkali ditiru anak adalah kebiasaan mengeluh dan emosi yang berlebihan. Sehingga kewajiban orang tua bukan hanya sekedar mendidik, namun juga mengontrol semua tindakanmu.


2. Terlibat langsung dalam kehidupan anak

Terlibat langsung dalam kehidupan anak. (Foto: Pexels/Ketut Subiyanto)

Terlibat langsung dalam kehidupan anak bukan menjadi sesuatu yang mudah. Kamu membutuhkan waktu dan kerja keras yang lebih agar anak dapat terbuka dan membagikan seluruh kehidupannya.

Baca Juga:

Moms, Kenali Ciri-Ciri ASI Tidak Layak Konsumsi

Terlibat dalam hal ini bukan berarti kamu harus mengatur seluruh keputusan dalam hidup anak. Sebab dengan mendorong dan memberikan kesempatan pada anak untuk memutuskan pilihan, kamu juga dapat membantunya belajar dan berkembang. Kamu sebagai orang tua harus terlibat langsung secara fisik maupun mental bersama anak dan dalam situasi apapun.


3. Sesuaikan pola asuh dengan anak

Sesuaikan pola asuh dengan anak. (Foto: Pexels/Ketut Subiyanto)


Semua anak memiliki kepribadian dan sikapnya masing-masing. Oleh karenanya, kamu tidak dapat menerapkan satu pola asuh yang sama kepada beberapa anak sekaligus. Selain karakter, pola asuh yang kamu terapkan juga harus berkembang mengiringi usia anak.

Saat anak masih kecil, mungkin kamu berperan lebih dalam tumbuh kembangnya dengan menanamkan peraturan dasar padanya. Tetapi saat anak telah tumbuh dewasa, kamu harus mengubah pola asuh dengan melibatkannya dalam membuat argumen dan keputusan. (cit)

Baca Juga:

Moms, Ini 4 Aktivitas Seru Untuk Anak-Anak Ketika #DirumahAja!

#Parenting #Ilmu Parenting
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan