Kesehatan

Bunda Jangan Ragu Berikan Pepaya pada Si Kecil

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 01 September 2022
Bunda Jangan Ragu Berikan Pepaya pada Si Kecil
Pepaya bermanfaat untuk kesehatan mulai mata sampai meningkatkan imunitas, memiliki beragam nutrisi. (freepik/jcomp)

BUN, sudah tahukah kalau ternyata pepaya kaya akan manfaat terutama untuk kesehatan anak? Mulai dari menjaga kesehatan mata sampai meningkatkan imunitas. Manfaat-manfaat tersebut diperoleh dari beragam nutrisi yang terkandung pada buah bercita rasa manis menyegarkan ini.

Melansir Healthline, buah pepaya atau pemiliki nama latin Carica papaya memiliki segudang nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh anak, antara lain serat, karbohidrat, air, kalsium, magnesium, kalium, dan folat. Buah ini juga dilengkapi dengan sejumlah vitamin, seperti vitamin A, C, E, dan K.

Jika rutin memberikan Si Kecil pepaya, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa anak-anak dapatkan.

Baca Juga:

Cara Jitu Pilih Semangka Bermutu

pepaya
Mengandung ragam nutrisi dan sejumlah vitamin, seperti vitamin A, C, E, dan K yang baik untuk anak dan dewasa. (freepik/tirachardz)

Menjaga kesehatan mata

Bukan hanya sayur wortel saja yang baik untuk menjaga kesehatan mata anak. Padahal nyatanya, buah pepaya juga baik loh buat indra penglihatan anak. Pasalnya, dalam 100 gram buah pepaya terkandung sekitar 950 IU vitamin A.

Selain baik untuk kesehatan mata, vitamin A juga dibutuhkan dalam proses perbaikan jaringan dan tulang, serta turut mendukung tumbuh kembang anak.

Melancarkan proses pencernaan

Kandungan serat dan air pada buah pepaya mampu melancarkan proses pencernaan. Mengonsumsi buah ini secara teratur juga akan menurunkan risiko anak mengalami sembelit.

Meningkatkan imunitas

Buah pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas anak. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, Si Kecil pun bisa terhindar dari beragam jenis penyakit, termasuk COVID-19 yang sampai sekarang masih ada.

Baca Juga:

Kenali Lebih Jauh Penyakit Kaligata

pepaya
Dalam 100 gram buah pepaya terkandung sekitar 950 IU vitamin A yang bagus untuk mata. (freepik/jcomp)

Membuat kulit lebih sehat

Selain bisa meningkatkan imunitas, vitamin C yang terkandung dalam buah papaya juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C diketahui mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit, sehingga dapat menjaga kulit tetap sehat dan elastis.

Memelihara kesehatan jantung


Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan likopen, seperti buah pepaya, bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, tak terkecuali pada anak-anak.

Mulai sekarang coba deh masukkan buah ini ke dalam menu makan harian anak. Buah ini bisa dinikmati secara langsung atau diolah menjadi jus, smoothies, salad buah, puding, bahkan es krim. (DGS)

Baca Juga:

3 Kunci Masak Sehat dan Mudah

#Kesehatan #Parenting
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan