Bunda, Ini Penyebab Suara Serak saat Hamil Saat hamil suara perempuan bisa berubah (Foto: Pexels/Garon Piceli)

BUNDA harus sabar saat hamil. Di masa-masa kehamilan, bunda bisa mengalami perubahan suara yang cukup signifikan. Suara bunda akan terdengar lebih rendah dan maskulin. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Melansir Alodokter, perubahan suara tersebut terjadi karena adanya peningkatan kadar estrogen dan progesteron. Hasilnya, pita suara bumil jadi bengkak dan menghasilkan suara yang rendah dan berat, bahkan serak. Hal ini biasanya terjadi pada trimester ketiga kehamilan atau menjelang kelahiran si kecil.

Baca juga:

Diabetes Gestasional Banyak Terjadi pada Ibu Hamil

Nah, saat mengalami kondisi ini bunda harus berhati-hati. Jangan memaksa untuk berbicara dengan nada tinggi. Soalnya, kondisi pembuluh darah bunda juga sedang rapuh. Kalau bunda masih memaksa bersuara dengan nada tinggi, apalagi berteriak, pembuluh darah bisa robek.

Jangan berteriak saat hamil (Foto: Pexels/freestocks.org)

Namun, bunda tidak perlu khawatir. Bunda bisa mengatasi kondisi ini dengan beberapa cara. Pertama, minum 8-12 gelas air setiap hari agar cairan pada tubuh cukup. Batasi pula minuman berkafein supaya pita suara tidak kering.

Kemudian, jangan sekali-sekali bunda berteriak. Tahan dulu ya kalau emosi. Berteriak hanya membuat suara bunda kering. Sebaliknya, berbicara dengan berbisik juga membuat pita suara bunda terganggu. Jadi, bicara dengan nada yang biasa-biasa saja ya bun.

Baca juga:

Ibu Hamil Dilarang Konsumsi Seafood? Ini Faktanya

Bunda dekat dengan orang yang merokok? Jauhi dulu mereka. Asap rokok bisa memperparah kondisi pita suara. Tak hanya membuat pita suara kering, asap rokok bisa membuat pita suara bunda mengalami peradangan.

Hindari makanan pedas saat hamil (Foto: Pexels/Tom Swinnen)

Selain itu, bunda harus menghindari makanan pemicu asam lambung semisal makanan pedas dan berlemak. Asam lambung bisa naik ke tenggorokan dan membuat pita suara bunda terganggu.

Bunda, suara berubah saat hamil itu wajar kok. Hal ini tidak bersifat permanen. Setelah bunda melewati masa kehamilan, suara bunda akan kembali normal seperti biasa. Jika bunda khawatir dengan kondisi ini, konsultasikan saja ke dokter ya. (ikh)

Baca juga:

Cara Sederhana Apakah Kamu Hamil atau Tidak

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH