Bunda, Begini Cara Menumbuhkan Jiwa Sosial pada Anak Bunda, Begini Cara Menumbuhkan Jiwa Sosial Pada Anak (Foto: Pixabay/Jarmoluk)

SEMUA orangtua pasti menginginkan anak-anaknya tumbuh menjadi sosok yang baik hati dan berjiwa sosial. Ada perasaan bangga ketika anak tidak hanya berprestasi tetapi juga turut andil dalam kegiatan sosial yang cukup besar.

Melansir dari laman Psychologytoday, jiwa sosial tidak bisa didapatkan begitu saja ketika anak lahir. Orangtua harus turut memberikan aktivitas yang bisa menumbuhkan jiwa sosial. Hal ini tidak boleh dipaksakan apalagi ditekan.

Baca juga:

Sering Memberikan Tekanan pada Anak? Ini Akibatnya!

Jangan sampai anak malah berpikir bahwa kegiatan-kegiatan sosial dan menjadi baik pada banyak orang itu mengerikan hanya karena kamu salah cara mengomunikasikannya. Biarkan anak menyadari sendiri bagaimana pentingnya memiliki jiwa sosial dan bersikap baik kepada orang sekelilingnya melalui kegiatan berikut ini.

1. Biasakan Anak untuk Saling Membantu

Bunda, Begini Cara Menumbuhkan Jiwa Sosial pada Anak
Saling bantu (Foto: Pixabay/Skeeze)

Banyak pekerjaan rumah yang sebenarnya bisa memicu jiwa sosial anak lho. Misalnya ketika hari bersih-bersih rumah tiba, cobalah membagi tugas bersama anak-anak.

Kamu bisa mencuci baju kemudian anakmu yang menjemur atau ketika kamu memasak sesuatu, anakmu yang mencuci piring bekas makan. Dengan begitu di mana pun anakmu berada akan terbiasa saling membantu bahkan ketika sedang main ke rumah temannya.

2. Ajari untuk Menyumbang

Bunda, Begini Cara Menumbuhkan Jiwa Sosial pada Anak
Ajari untuk menyumbang (Foto: Pixabay/Lesserland)

Biasakan untuk terbiasa menyumbang kepada kaum tidak mampu. Kegiatan ini bisa dimulai dengan mengikhlaskan pakaian atau mainan lama yang sudah tidak terpakai untuk disumbangkan ke panti asuhan.

Awalnya memang agak sulit untuk dilakukan karena biasanya anak sulit untuk melepaskan barang-barang miliknya tetapi lambat laun pasti bisa jika kamu pelan-pelan memberi pengertian bahwa sesama manusia harus saling menolong orang-orang yang membutuhkan.

Baca juga:

Dampingi Anak saat Beradaptasi di Lingkungan Sekolah Baru

3. Melatih Kesabaran

Bunda, Begini Cara Menumbuhkan Jiwa Sosial pada Anak
Melatih kesabaran (Foto: Pixabay/Vishnu-Vasu)

Latihlah kesabaran anak dengan tidak memanjakannya dengan menuruti segala permintaanya. Sebagai orangtua yang sayang anak pasti ingin memberikan apapun yang anak minta.

Tetapi kamu perlu mengetahui bahwa hal ini hanya akan menumbuhkan sikap jelek pada diri anak. Mereka bisa saja menjadi angkuh dan sombong serta mengamuk jika keinginannya tidak terpenuhi. Cobalah memberikan reward berupa barang yang mereka ingingkan ketika mereka melakukan hal baik.

Misalnya ketika mendapat nilai bagus di kelas atau melakukan aksi sosial di sekolahnya. Mereka akan menjadi pribadi yang sabar dan tidak terburu-buru dalam menginginkan sesuatu bahkan bisa jadi terbiasa mengalah karena tidak ingin meninggikan ego.

4. Tanamkan kata Maaf, Terima Kasih, dan Tolong

Bunda, Begini Cara Menumbuhkan Jiwa Sosial pada Anak
Tanamkan kata maaf, terima kasih, dan tolong (Foto: Pixabay/Nastya_gepp)

Ini merupakan hal wajib yang harus dilakukan orangtua. Membiasakan anak untuk berkata “minta tolong” ketika ingin dibantu, "maaf” ketika bersalah, dan “terima kasih” kepada orang merupakan hal yang cukup sulit.

Bisa saja karena anak merasa malu atau sombong sehingga tidak mau mengatakan ketiga hal tersebut. Melalui hal ini jiwa sosial anak akan tumbuh dan menjadi anak yang berbesar hati. (mar)

Baca juga:

Sayang Anak Sangatlah Penting, Tapi Jangan Lupa untuk Mencintai Pasanganmu



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH