Bunda, Ada 'Game' yang Ramah Anak Ada game yang sangat ramah untuk anak-anak. (Foto: Pixalab/Olichel)

BUNDA, jangan marah jika anakmu hobi bermain game. Kamu hanya perlu menyaring apa saja yang boleh dimainkan. Beberapa game bahkan bisa mendidik si kecil. Ada game yang bisa meningkatkan cara tanggap anak. Memudahkan mereka dalam memahami pola matematika. Juga mengajari anak bagaimana menjalani hidup.

Melansir dari thebalance.com, mendidik anak caranya sangat beragam. Kamu tidak bisa memaksakan satu pola didik apalagi di zaman modern ini. Game ternyata bisa mengajari anak banyak hal positif selama usianya memenuhi. Meningkatkan siklus belajar anak dengan cara yang menyenangkan menjadi sebuah capaian saat ini.


Baca Juga:

Tugas Ribet itu Bernama Menjadi Orangtua


1. Monopoli

game
Permainan monopoli akan menyadari anak cara bertransaksi (Foto: Pixabay/joaoxfranco)


Masih ingat dengan permainan monopoli? Kini anakmu bisa menikmati game ini secara online. Melalui game ini, anak akan mengenal cara-cara bertransaksi seperti yang biasa orang dewasa lakukan. Mereka akan terbiasa mengelola uang dan terbawa di kehidupan nyata. Monopoli juga bisa dimainkan bersama orangtua untuk mempererat hubungan.


2. Puzzle Online

game
Latih konsentrasi anak melalui puzzle (Foto: Pixabay/reidy68)


Selain karena tidak membuang banyak sampah kardus, pilihan pola puzzle online jauh lebih banyak. Anak bisa bermain puzzle online di ponsel pintar ataupun iPad. Puzzle mampu melatih tingkat konsentrasi anak. Ketelitian anak dalam melakukan sebuah aktivitas juga bisa ditunjang melalui game ini.

Baca Juga:

Kesuksesan Anak Sejak Kecil Bergantung dengan Peran Orangtua

3. Harvest Moon

game
Game Harvest Moon akan mengajari anak soal kehidupan (Foto: Pinterest/lucianascimento.com)


Orangtua pastinya sudah tidak asing dengan game yang satu ini. Harvest Moon sudah populer sejak era 90-an. Beberapa orangtua bahkan ikut memainkannya. Harvest Moon merupakan game yang bisa mengajari anak banyak hal tentang kehidupan. Dari bagaimana cara mencari uang, menabung, meningkatkan karier hingga menyeimbangkan stabilitas hidup. Tidak ada kekerasan dalam game ini sehingga sangat aman untuk dimainkan balita.


4. Sim

game
Belajar membangun banyak hal melalui game genre sim (Foto: Pinterest/youtube.com)


Kemunculan game bergenre sim atau simulator juga bisa menjadi medium anak dalam belajar. Ada game simulator membangun kota, membangun pertokoan, sampai membangun rumah beserta isinya. Anakmu akan belajar bagaimana mengurus sesuatu yang kompleks agar tetap stabil dan kondusif. (mar)


Baca Juga:

Tipe-Tipe Orangtua Zaman Now, Kamu Termasuk yang Mana Nih?


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH