Bumil, Pastikan Kandungan Sehat Selama Karantina dengan 4 Bahan Makanan Ini

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 18 Mei 2020
Bumil, Pastikan Kandungan Sehat Selama Karantina dengan 4 Bahan Makanan Ini
Bumil harus tetap sehat selama pandemi (Foto: Unsplash/Camylla Battani)

SELAMA situasi karantina karena pandemi COVID-19 bumil memiliki tantangan tersendiri saat mengandung. Adanya pembatasan ruang gerak dan penutupan sementara beberapa gerai makanan membuat bumil sulit mendapatkan bahan makanan bernutrisi yang dibutuhkan calon bayi.

Namun, hal ini dapat diatasi dengan memilih bahan-bahan makanan utama yang paling diperlukan bumil. Berikut rekomendasi bahan makanan yang paling baik disiapkan oleh bumil menurut Jocelyn Halim MND, Head of Nutritionist FITCO (FIT Company):

Baca juga:

Amankah Ibu Hamil di Tengah Pandemi Virus Corona?

1. Daging sapi, ayam, dan telur

Ketiga bahan makanan ini bermanfaat untuk proses pembentukan jaringan pada tubuh janin (Foto: Istimewa)

Ketiga bahan tersebut dikenal memiliki kandungan protein dan zat besi yang bermanfaat untuk proses pembentukan jaringan tubuh pada janin. Seperti pembentukan otot, tulang, mata, kulit, jantung, dan hati. Selama proses kehamilan, pastikan bunda mengonsumsi setidaknya satu dari ketiga pilihan ini dalam setiap sajian santapan.

2. Ikan dan rumput laut

Kandungan omega 3 pada ikan mampu melindungi organ jantung ibu dan bayi (Foto: Istimewa)

Ikan dikenal mengandung omega 3 yang mampu melindungi organ jantung ibu dan bayi. Sementara rumput laut merupakan sumber terbaik bagi yodium yang membantu pembentukan otak dan saraf bayi. Walaupun sedang berada dalam masa karantina, tidak sulit mendapatkan kedua jenis makanan ini. Dalam seminggu, usahakan untuk mengkonsumsi ikan hingga 1-3 kali.

Baca juga:

Membangun Kekebalan Tubuh Anak dengan MPASI Organik

3. Brokoli, bayam, dan kubis

Pastikan untuk selalu mengonsumsi sayuran hijau (Foto: Istimewa)

Pastikan untuk selalu mengonsumsi sayuran hijau yang memiliki kandungan asam folat dan zat besi yang tinggi. Untuk penyerapan zat besi yang lebih maksimal, sayuran hijau dapat dikonsumsi dengan makanan yang memiliki vitamin C tinggi seperti buah jeruk/lemon atau buah berwarna merah seperti jambu dan tomat.

4. Makanan dan minuman mengandung kalsium dan serat

Bumil butuh serat seperti yogurt (Foto: Istimewa)

Asupan kalsium harian bagi ibu hamil dapat dipenuhi dalam 2-3 sajian. Untuk memastikan kalori tetap terjaga, kalsium juga dapat diperoleh dari susu rendah lemak, yogurt, maupun keju

Selain itu, cukup wajar jika pada saat-saat tertentu bunda mengalami konstipasi dalam periode kehamilan. Jika hal ini terjadi, segera konsumsi serat yang dapat diperoleh dari buah-buahan segar, sayuran, shirataki, ataupun oatmeal.

Pastikan pula bunda rutin minum minimal dua liter air setiap hari. Jangan lupa juga untuk melakukan olahraga ringan seperti yoga dan pilates setidaknya tiga kali seminggu.

Nah, walaupun terbatas larangan keluar rumah karena adanya peraturan karantina, kebutuhan akan nutrisi ini penting untuk dipenuhi. Rilis pers yang diterima merahputih.com mengatakan Bunda bisa mendapatkan bahan makanan untuk bumil ini melalui FIT Market yang menyediakan bahan-bahan pokok berkualitas dan segar. Akses FIT Market melalui aplikasi FITCO. (ikh)

Baca juga:

Bunda, Tingkatkan Kualitas ASI di Bulan Puasa dengan Kurma

#Virus Corona #COVID-19 #Ibu Hamil
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan