Kesehatan
Bumil, Jangan Lakukan Kegiatan ini! Ketika masa kehamilan, banyak aktivitas yang dilarang sebelum melahirkan. (Foto: Pixabay/StockSnap)

BEREDAR kabar bahwa Aurel Hermansyah mengalami keguguran. Kabar duka ini diposting melalui akun media sosial pribadi Aurel dan Atta Halilintar. Ketika dalam masa kehamilan, memang banyak kegiatan yang dilarang untuk mencegah terjadinya keguguran.

Dilansir dari alodokter. Larangan aktivitas tidak hanya berat tetapi yang merugikan kesehatan juga. ketika masa kehamilan, bisa mencegah dampak buruk pada janin yang sedang tumbuh dan berkembang dalam kandungan.

Baca Juga:

Tidur Nyaman dan Aman untuk Bumil

Aktivitas berat

bumil
Tunda dulu melakukan aktivitas yang memberatkan tubuh dan menguras tenaga (Foto: Pixabay/Fotorech)

Ibu hamil memang perlu rutin berolahraga selama masa kehamilan. Ini berguna untuk menjaga kesehatan sang ibu dan janin. Sekaligus dapat memperlancar proses kelahiran. Namun ingat, jangan sampai olahraga tersebut terlalu memberatkan fisik dan menguras banyak tenaga atau membuat Bumil kelelahan.

Oleh karena itu, jangan lakukan aktivitas atau olahraga yang terlalu berat terlebih dahulu, seperti lari marathon, angkat beban, tenis, bekerja lembur, atau pekerjaan rumah tertentu. Cukupi waktu tidur dan hindari stres agar kesehatan ibu hamil dan janin terjaga.

Merokok

hamil
Berhenti merokok dalam masa kehamilan, lebih bagus jika berhenti secara permanen. (Foto: Pixabay/markusspiske)

Beragam zat yang terkandung dalam rokok dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah selama kehamilan. Perlu diketahui, karbon monoksida dalam asap rokok dapat menghambat asupan oksigen dan nutrisi ke janin. Hal tersebut membuat pernapasan janin dapat terganggu dan membuat denyut jantung pada janin menjadi lebih cepat dan tidak teratur.

Sedangkan bayi yang lahir dari seorang ibu perokok, berisiko tinggi untuk lahir dengan berat badan yang rendah atau mengalami cacat bawaan lahir, salah satunya adalah bibir sumbing. Selain itu, bayi juga berisiko tinggi terlahir prematur.

Peliharaan

hamil
Serahkan tugas membersihkan kandang peliharaan pada suami atau orang lain untuk menhindari terpapar bakteri pada kotoran hewan. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Jika mempunyai hewan peliharaan, seperti kucing, lebih baik serahkan dulu tugas membersihkan kandang kucing kesayangannya kepada suami atau orang lain. Ini karena, membersihkan kandang kucing dapat membuat ibu hamil terpapar mikroba dari kotoran kucing yang bisa menyebabkan terserang penyakit, misalnya seperti infeksi toksoplasma.

Ibu hamil yang sudah terinfeksi toksoplasma dari kucing, dapat mengalami komplikasi kehamilan berupa keguguran atau kematian janin dalam rahim. Sementara janin yang terinfeksi parasit ini dapat menghadapi masalah kesehatan yang cukup serius, seperti kejang dan cacat bawaan lahir.

Baca Juga:

Naik Angkutan Umum, Bumil Punya Gaya

Mandi air panas

hamil
Tunda dulu kebiasaan berendam air panas untuk mencegah hal kurang baik dalam masa kehamilan. (Foto: Pexels/Vlada Karpovich)

Berendam air panas memang dipercaya dapat membuat tubuh menjadi nyaman dan rileks. Tetapi disisi lain, ibu hamil tidak dianjurkan untuk melakukan kegiatan ini sampai selesai melahirkan.

Jika berendam air panas terlalu lama, sering berpotensi menyebabkan ibu hamil mengalami pusing dan lemas. Kebiasaan ini bahkan dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran dan cacat lahir pada bayi.

Pedikur

hamil
Hindari terlalu sering menghias kuku, aroma dari cat warna dapat mengganggu kesehatan janin. (Foto: Pexels/Son tung Tran)

Kegiatan ini sebenarnya boleh dilakukan jika dilakukan hanya sesekali. Tetapi, bagi ibu hamil yang suka menghias kuku di salon terlalu sering, Selama hamil sebaiknya kegiatan ini tunda dulu. Terlebih memasang kuku palsu atau kutek. Hal tersebut karena, aroma dari berbagai macam produk kecantikan kuku tidak baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Untuk berjaga-jaga sebaiknya tundah dulu ya kegiatan ini.

Sebenarnya masih banyak aktivitas yang dilarang ketika hamil. Namun dari beberapa aktivitas yang sudah disebutkan di atas, bisa memberi gambaran mengenai kegiatan yang dilarang ketika masa kehamilan. Terutama pada perempuan yang hamil muda dan baru pertama hamil. Paling penting, jangan lupa cek kondisi kehamilan ke dokter kandungan untuk konsultasi dan melihat perkembangan janin. (rzk)

Baca Juga:

Pertama Kalinya, Nike Buat 4 Pakaian Khusus Bumil

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tanda Seseorang Pura-Pura Baik Sama Kamu
Fun
Tanda Seseorang Pura-Pura Baik Sama Kamu

Orang yang pura-pura baik boleh jadi ada di sekitarmu.

Ini Tanda-Tanda Ketika Self-love Sudah Mengarah ke Egoisme
Fun
Ini Tanda-Tanda Ketika Self-love Sudah Mengarah ke Egoisme

Jangan terus memberi makan egomu sendiri

Kelezatan Kuliner Indonesia Sukses Bikin Artis K-Pop Ketagihan
Fun
Kelezatan Kuliner Indonesia Sukses Bikin Artis K-Pop Ketagihan

Makanan khas Indonesia jadi favorit sederet bintang K-pop.

Jeon So Mi Segera Comeback dengan ‘Dumb Dumb’
ShowBiz
Jeon So Mi Segera Comeback dengan ‘Dumb Dumb’

Somi terakhir menyapa penggemarnya pada tahun 2020 dengan single What You Waiting For

Gandeng Penulis Baru, Marvel Garap Deadpool 3
ShowBiz
Gandeng Penulis Baru, Marvel Garap Deadpool 3

Kemampuan Molyneux bersaudara tidak perlu diragukan lagi.

Ketika Anjing Bisa Mendeteksi Penyakit
Hiburan & Gaya Hidup
Ketika Anjing Bisa Mendeteksi Penyakit

Dari migrain sampai COVID-19.

Bioskop di Italia Tutup Sementara
ShowBiz
Bioskop di Italia Tutup Sementara

Namun organisasi peserta pameran di negara tersebut, ANEC memprotesnya.

Viola Davis Mendapat Penghargaan AAFCA Icon Award
ShowBiz
Viola Davis Mendapat Penghargaan AAFCA Icon Award

Penerima Penghargaan Ikon AAFCA sebelumnya ialah Sidney Poitier dan Kenya Barris.

5 Mitos Cuci Muka Ini Mungkin Pernah Kamu Alami
Fun
5 Mitos Cuci Muka Ini Mungkin Pernah Kamu Alami

Semua tergantung dengan jenis kulit masing-masing individu.

Miliarder Hong Kong Bertaruh untuk Masa Depan Digital Indonesia
Fun
Miliarder Hong Kong Bertaruh untuk Masa Depan Digital Indonesia

PT Hutchison 3 Indonesia akan bergabung dengan Indosat yang terdaftar di Jakarta